Pengembangan modul biologi dengan pendekatan saintifik materi plantae untuk siswa kelas X SMAN 10 Malang / Karima Zakiyulfani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul biologi dengan pendekatan saintifik materi plantae untuk siswa kelas X SMAN 10 Malang / Karima Zakiyulfani

Zakiyulfani, Karima (2017) Pengembangan modul biologi dengan pendekatan saintifik materi plantae untuk siswa kelas X SMAN 10 Malang / Karima Zakiyulfani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zakiyulfani Karima. 2017. Pengembangan Modul Biologi dengan Pendekatan Saintifik Materi Plantae untuk Siswa Kelas X SMAN 10 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmi Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Susilowati M.S (II) Drs. Sulisetijono M.Si Kata Kunci pengembangan modul biologi pendekatan saintifik Plantae Kegiatan pembelajaran dalam kurikulum 2013 dirancang dengan menekankan pada pengalaman belajar pokok 5M (mengamati menanya mengumpulkan informasi mengasosiasi mengkomunikasikan). Kegiatan pembelajaran tersebut dilakukan dengan menggunakan pendekatan saintifik yang diamanatkan dalam proses pembelajaran kurikulum 2013. Berdasarkan hasil observasi selama kegiatan KPL (Kajian Praktik Lapangan) II pada bulan September- Oktober 2016 dalam kegiatan pembelajaran siswa belum mampu melakukan kerja ilmiah dengan baik. Selain itu buku yang digunakan dalam pembelajaran pada tahun ajaran 2016/2017 masih bersifat menyajikan materi belum berbasis pada aktivitas siswa yang berorientasi pendekatan saintifik Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi SMAN 10 diketahui bahwa pelaksanaa pembelajaran sudah menerapkan kegiatan 5M tetapi masih ada beberapa kegiatan yang belum terlaksana dengan baik salah satunya pada materi Plantae. Hal ini disebabkan oleh kendala waktu dan bahan ajar yang belum berorientasi pada pendekatan saintifik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan modul biologi dengan pendekatan saintifik materi Plantae untuk siswa kelas X SMAN 10 Malang. Modul ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu Analyze (Analisis) Design (Perancangan) Develop (Pengembangan) Implement (Implementasi) dan Evaluate (Evaluate). Data yang diperoleh berupa validitas modul keterbacaan kepraktisan dan keefektifan modul. Validitas modul diperoleh dari hasil analisis data validasi ahli pembelajaran ahli materi dan praktisi lapangan. Validasi dilakukan dengan menilai modul menggunakan lembar validasi. Persentase keterbacaan modul diperoleh dari uji keterbacaan modul oleh 10 siswa pada tahap develop kepraktisan modul ditentukan berdasarkan hasil analisis data uji keperaktisan modul oleh 30 siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada tahap implement dan keeektifan modul ditentukan berdasarkan ketuntasan belajar klasikal hasil belajar kognitif. Berdasarkan hasil analisis data hasil validasi ahli pembelajaran dari 11 aspek yang dinilai pada petunjuk guru terdapat 2 aspek yang belum mencapai hasil penilaian yang diharapkan yaitu aspek RPP dan soal-soal uji kompetensi/evaluasi sehingga dilakukan revisi berdasarkan komentar dan saran dari validator ahli pembelajaran. Pada modul siswa dari 12 aspek yang dinilai terdapat satu aspek yang belum mencapai hasil penilaian yang diharapkan. Hasil analisis data validasi ahli materi menunjukkan bahwa dari 6 aspek yang dinilai terdapat 3 aspek yang belum mencapai hasil penilaian yang diharapkan sehingga dilakukan revisi berdasarkan saran dan komentar yang diberikan validator ahli materi. Berdasarkan hasil analisis validasi praktisi lapangan dari 11 aspek yang dinilai pada modul petunjuk guru terdapat 3 aspek yang belum mencapai hasil penilaian yang diharapkan. Pada modul siswa dari 12 aspek yang dinilai terdapat 1 aspek yang belum sesuai dengan hasil penilaian yang diharapkan. Hal ini berarti bahwa harus dilakukan revisi berdasarkan saran dan komentar yang diberikan oleh validator praktisi lapangan. Secara keseluruhan skor yang diperoleh dari penilaian ahli pembelajaran ahli materi dan praktisi lapangan telah mencapai hasil penilaian yang diharapkan sehingga petunjuk guru dan modul siswa telah dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji keterbacaan modul oleh siswa menunjukkan keterbacaan sebesar 90% dan kepraktisan modul sebesar 84 5% dalam kategori baik. Modul dikatakan efektif karena ketuntasan belajar klasikal telah mencapai 8805 85%. ABSTRACT Zakiyulfani Karima. 2017. Development of Biology Module with Scientific Approach on Plantae Topic for Students of Class X SMAN 10 Malang. Thesis Department of Biology Faculty of Mathematics and Natural Science State University of Malang. Advisors (I) Dra.Susilowati M.S (II) Drs. Sulisetijono M.Si Key word development of biology module scientific aprroach Plantae. Learning activities in the 2013 curriculum are designed with an emphasis on the 5M core learning experience (observing asking gathering information associating communicating). Learning activities are conducted by using a scientific approach mandated in the learning process curriculum 2013. Based on observations during the activities of KPL (Kajian Praktik Lapangan) II in September-October 2016 in learning activities students have not been able to do scientific work well. In addition the book used in learning in the academic year 2016/2017 is still present material not based on student activity oriented scientific approach. Based on the results of interviews with biology teachers SMAN 10 Malang known that the implementation of learning has implemented 5M activities but there are still some activities that have not well done one of them on Plantae material. This is caused by time constraints and teaching materials that have not been oriented towards a scientific approach. This research was conducted with the aim to produce a module of Plantae material biology with scientific approach for students of grade X SMAN 10 Malang. This module was developed using the ADDIE development model consisting of 5 stages namely Analyze Design Develop Implement and Evaluate. The data obtained are module validity readability practicality and module effectiveness. Module validity is obtained from the data analysis of validation of learning experts material experts and field practitioners. Validation is done by assessing the module using the validation sheet. The percentage of module readability was obtained from the module readability test by 10 students at the develop stage module practicality was determined based on the data analysis of module practicality test by 30 students after the learning activity at the implementation stage and the module effectiveness was determined based on the categorical learning learning classical completeness. Based on the results of data analysis of the results of validation of learning experts from 11 aspects assessed in the teacher s instruction there are 2 aspects that have not achieved the expected assessment results are aspects of RPP and competency/evaluation test questions so that the revision based on comments and suggestions from the expert validator. On the student module from 12 aspects assessed there is one aspect that has not achieved the expected assessment results. The results of data analysis of material experts validation showed that from 6 aspects assessed there are 3 aspects that have not achieved the expected assessment results so that the revision based on suggestions and comments given material expert validator. Based on the results of field practitioner validation analysis from 11 aspects assessed in the teacher s instruction there are 3 aspects that have not reached the expected assessment results. In the student module from 12 aspects assessed there is 1 aspect that is not in accordance with the expected assessment results. This means that revisions should be made based on suggestions and comments provided by field practitioner validators. Overall scores obtained from the assessment of the learning expert the material expert and the field practitioner have achieved the expected assessment results so that the teacher s instructions and the student module have been declared eligible for use in the learning process. The results of the module readability test by the students showed the legibility of 90% and the practicality of the module of 84.5% in good category. The module is said to be effective because classical learning completeness has reached 8805 85%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25183

Actions (login required)

View Item View Item