Pelaksanaan pembelajaran remedi mata pelajaran biologi, kendala dan solusi guru di SMAN 8 dan SMA Brawijaya Smart School Kota Malang semester gasal dan genap tahun ajaran 2016/2017 / Rabiatul Adawiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran remedi mata pelajaran biologi, kendala dan solusi guru di SMAN 8 dan SMA Brawijaya Smart School Kota Malang semester gasal dan genap tahun ajaran 2016/2017 / Rabiatul Adawiyah

Adawiyah, Rabiatul (2017) Pelaksanaan pembelajaran remedi mata pelajaran biologi, kendala dan solusi guru di SMAN 8 dan SMA Brawijaya Smart School Kota Malang semester gasal dan genap tahun ajaran 2016/2017 / Rabiatul Adawiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adawiyah Rabiatul. 2017. Pelaksanaan Pembelajaran Remidi Mata Pelajaran Biologi Kendala dan Solusi Guru Di SMAN 8 dan SMA Brawijaya Smart School Kota Malang Semester Gasal dan Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Biologi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd (2) Drs. I Wayan Sumberartha M. Sc. Kata Kunci pembelajaran remedi kendala solusi Kurikulum 2013 menggunakan sistem pembelajaran tuntas artinya siswa harus tuntas mencapai kompetensi. Ketuntasan terhadap kompetensi ditetapkan oleh satuan pendidikan dalam bentuk kriteria ketuntasan minimal yang dirumuskan oleh guru mata pelajaran. Siswa yang belum tuntas akan diberi pembelajaran remedi. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan Pelaksanaan Pembelajaran Remedi Mata Pelajaran Biologi Kendala dan Solusi Guru di SMAN 8 dan SMA Brawijaya Smart School Kota Malang kelas X dan kelas X1 Semester Gasal dan Genap tahun ajaran 2016/2017 dan kesesuainya dengan teori dan petunjuk teknis pembelajaran remedi dari Direktorat Pembinaan SMA (2010) . Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif jenis Deskriptif. Sumber data adalah Guru Mata Pelajaran Biologi dan siswa yang mengalami remedi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara terhadap guru dan siswa yang mengalami remedi observasi dan studi dokumentasi. Data yang dikumpulkan adalah tahapan pembelajaran remedi yang terdiri atas penelaahaan kembali kasus pemberian alternatif tindakan pemberian layanan khusus pelaksanaan pembelajaran remedi pengukuran kembali hasil belajar re-evaluasi dan re-diagnostik. Selain itu juga dikumpulkan data tentang kendala pelaksanaan pembelajaran remedi dan solusi yang dilakukan guru. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara membandingkannya dengan teori pembelajaran remedi dan petunjuk teknis pembelajaran tuntas remedi pengayaan yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan SMA (2010). Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMAN 8 dan SMA Brawijaya Smart School Kota Malang semester gasal dan genap 2016/2017 dapat diketahui 1) guru mapel biologi kelas X dan kelas XI sudah melaksanakan 5 tahapan pembelajaran remedi kecuali pada tahap ke-3 yaitu pemberian layanan khusus yang memang tidak harus dilakukan karena masalah atau kesulitan yang dialami siswa tidak tergolong kategori berat. 2) Terdapat beberapa ketidaksesuain dengan petunjuk reknis pembelajaran remedi dari Direktorat yaitu pelaksanaan pembelajaran di dalam jam pelajaran yang seharusnya dilaksanakan di luar jam pelajaran. Adapun kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran remedi dan solusirnya yaitu kesibukan guru even sekolah yang menganggu jadwal pelajaran waktu dan ketidakdisiplinan siswa untuk melaksanakan pembelajaran remedi. Solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala yaitu 1) pelaksanaan remedi diakhir semester yang mencakup beberapa KD 2) merubah jadwal remedi untuk siswa yang tidak disiplin 3) memberikan tugas tanpa memberikan tes ulang karena laporan tugas dianggap hasil tes Bagi guru disarankan agar melaksanakan pembelajaran remedi sesuai dengan teori dan anjuran dari Juknis Pembinaan SMA (2010) agar tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal misalnya memanfaatkan tutor sebaya mengembangkan Modul Remedi dan mengefektifkan forum MGMP terkait pelaksanaan pembelajaran remedi. Bagi Kepala Sekolah dan Guru Senior Biologi diharapkan selalu melakukan supervisi terhadap pelaksanaan pembelajaran remedi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25181

Actions (login required)

View Item View Item