Shofiyah, Auliyah (2017) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan teknik mind map untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X MAN 1 Malang / Auliyah Shofiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Shofiyah Auliyah. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Teknik Mind Map untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MAN 1 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pembimbing (1) Dr. Murni Saptasari M.Si (2) Siti Imroatul Maslikah S.Si M.Si Kata Kunci Inkuiri Terbimbing mind map motivasi hasil belajar Berdasarkan hasil observasi di kelas X MIA 4 MAN 1 Malang diketahui bahwa metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah ceramah dan diskusi. Hasil observasi dari motivasi belajar menunjukkan bahwa sebanyak 60% siswa (20 siswa) tampak kurang termotivasi. Hal tersebut ditunjang oleh hasil wawancara yang dilakukan kepada 6 siswa yang menyatakan bahwa pembelajaran Biologi membosankan dan monoton. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif dari nilai ulangan materi Ruang Lingkup Biologi adalah sebesar 34 37% sedangkan standar ketuntasan klasikal adalah 85%. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan teknik mind map. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 MAN I Malang yang berjumlah 32 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2016-Mei 2017. Data yang diambil dari penelitian ini (1) data motivasi belajar siswa yang diukur melalui lembar observasi dan angket motivasi belajar (2) data hasil belajar kognitif yang diukur melalui rata-rata skor tes akhir siklus dan skor mind map dan (3) data hasil belajar afektif yang diukur melalui lembar observasi. Berdasarkan data angket dan observasi motivasi belajar aspek attention relevance confidence dan satisfaction mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aspek attention meningkat dari 76 5% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II. Aspek relevance meningkat dari 80 5% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II. Aspek confidence meningkat dari 76 5% pada siklus I menjadi 84 5% pada siklus II. Aspek satisfied meningkat dari 82% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif dan afektif pada siklus II dibanding siklus I. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 81 25% sedangkan pada siklus II sebesar 93 75%. Ketuntasan klasikal hasil belajar afektif pada siklus I sebesar 75% sedangkan pada siklus II sebesar 90 63%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25177 |
Actions (login required)
View Item |