Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar materi plantae pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Malang / Titisari Dwi Widyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar materi plantae pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Malang / Titisari Dwi Widyastuti

Widyastuti, Titisari Dwi (2017) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar materi plantae pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Malang / Titisari Dwi Widyastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widyastuti Titisari Dwi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Materi Plantae pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Malang. Skripsi. Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi M.Pd (II) Siti Imroatul Maslikah S.Si M.Si. Kata Kunci inkuiri terbimbing hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kritis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Malang Kelas X IPA 2 penentuan subjek penelitian berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Biologi kelas X SMA Negeri 2 Malang. Penelitian dilakukan selama bulan Februari 2017- Maret 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa. Instrumen pada penelitian ini beruapa tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan soal esai sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa ranah kognitif menggunakan soal pilihan ganda. Data hasil penelitian kemudian dibandingkan apakah terdapat peningkatan pada rata-rata klasikal kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar ranah kognitif siswa siklus 2 dari siklus 1. Hasil penelitian terdapat peningkatan terhadap persentase ketuntasan klasikal hasil belajar ranah kognitif siswa pada siklus I sebesar 80% sedangkan pada siklus II mencapai 90%. Hasil penelitian terhadap kemampuan berpikir kritis siswa juga mengalami peningkatan pada setiap indikatornya. Peningkatan persentase kemampuan berpikir kritis intepretasi dari siklus I sebesar 80 6% menjadi siklus II sebesar 87%. Indikator kemampuan berpikir kritis analisis mengalami peningkatan persentase dari siklus I sebesar 81 4% menjadi siklus II sebesar 85 4%. Indikator kemampuan berpikir kritis evaluasi mengalami peningkatan persentase dari siklus I sebesar 82 2% menjadi siklus II sebesar 87 9%. Indikator kemampuan berpikir kritis inferensi mengalami peningkatan persentase dari siklus I sebesar 86 2% menjadi siklus II sebesar 90 3%. Indikator kemampuan berpikir kritis eksplanasi mengalami peningkatan persentase dari siklus I sebesar 93 5% menjadi siklus II sebesar 95 9%.Indikator kemampuan berpikir kritis self regulation mengalami peningkatan persentase dari siklus I sebesar 80 6% menjadi siklus II sebesar 93 5%. Saran yang dapat peneliti berikan adalah sebagai berikut (1) Mind map yang dibuat siswa secara individu dapat digunakan sebagai penilaian hasil belajar ranah psikomotorik. (2) Pengamatan dapat dilakukan di laboratorium dengan bantuan alat mikroskop agar siswa dapat mengamati morfologi anatomi tumbuhan. ABSTRACT Widyastuti Titisari Dwi. 2017. Application of Guided Inquiry to Improves Critical Thinking Skill and Learning Outcome of Plantae Material for X Grade High School Students of SMA Negeri 2 Malang. Essay. Study Program of Biology Education Department of Biology Faculty of Mathematics and Science. State University of Malang. Lecturers (1) Dra. Sunarmi M.Pd. (II) Siti Imroatul Maslikah S.Si M.Si Kata Kunci guided inquiry cognitive of learning outcomes critical thinking skill This study is a classroom action research. Subject for this research are students of class X IPA 2 SMA Negeri 2 Malang the determination of this research subjects based on observations and interviews with teachers of Biology class X SMA Negeri 2 Malang. The research was conducted during February 2017-March 2017. The purposes this study is to improve students learning outcomes in the cognitive domain and students critical thinking skills. The instrument for this study is a final test cycle to measure students critical thinking skills using essay questions while to measure students learning outcomes in the cognitive domain using multiple choice questions. The data of the study were then compared whether there was an increase in the classical average of students critical thinking ability and the cognitive learning achievement of student cycle 2 from cycle 1. The result of the research is an increase of classical completeness percentage of student learning outcomes in cognitive domain for the first cycle is 80% while in cycle II reaches 90%. The results of the study of students critical thinking skills also improved on each indicator. The increase of percentage of critical thinking ability interpretation for the first cycle is 80.6% while in cyle II reach 87%. The indicator of critical thinking ability of analysis has increased percentage from cycle I of 81.4% to cycle II reach 85.4%. The indicator of critical thinking ability of evaluation has increased percentage from cycle I by 82.2% to cycle II reach 87.9%. Indicator of critical thinking ability inference experience increase of percentage from cycle I equal to 86.2% to cycle II reach 90.3%. The indicator of critical thinking ability of eksplanasi has increased the percentage of cycle I by 93.5% into cycle II reach 95.9%. Indicator of critical thinking ability of self regulation has increased percentage from cycle I by 80.6% to cycle II reach 93.5%. Suggestions by researcher can provide are (1) Mind map that have been created by individual students can be used as an assessment of learning outcomes psychomotor domain. (2) Observations can be done in the laboratory with the help of microscopes so that students can observe the morphology of plants anatomy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25173

Actions (login required)

View Item View Item