Izza, Aqidatul (2017) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu dengan Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Lintas Minat Biologi SMAN 2 Malang / Aqidatul Izza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Izza Aqidatul. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dipadu dengan Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Lintas Minat Biologi SMAN 2 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc Ph.D. (2) Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd. Kata kunci inkuiri terbimbing PjBL hasil belajar lintas minat Pendidikan merupakan salah satu aspek penting pada suatu bangsa. Pada abad 21 yang dikenal sebagai knowledge age atau abad pengetahuan memung-kinkan setiap siswa dapat mengakses informasi dari mana saja di mana saja dan kapan saja. Salah satu tantangan guru di abad 21 adalah menyelenggarakan pembelajaran yang aktif atau active learning yaitu kegiatan pembelajaran yang menitikberatkan pada kegiatan siswa yang lebih aktif dan guru hanya bersifat sebagai fasilitator. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas X Lintas Minat Biologi ditemukan beberapa masalah yaitu siswa cenderung pasif di kelas lebih banyak diam mendengar menghafal mencatat siswa merasa bosan dan tidak besungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran. Siswa tidak terbiasa untuk belajar mandiri dan selalu bergantung pada penjelasan guru. Pembelajaran Biologi di kelas Lintas Minat juga cenderung masih berpatokan pada buku teks kurang bisa merangsang siswa untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari sehingga hasil belajar siswa kelas Lintas Minat masih rendah. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang aktif inovatif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu Inkuiri Terbimbing dipadu dengan PjBL. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif-kuantitatif. Penelitian terdiri dari 3 siklus dan pada masing-masing siklus terdiri dari 4 pertemuan. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan pada materi Animalia dan Ekosistem. Subjek penelitian yaitu 34 siswa kelas X Lintas Minat yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Hasil belajar yang diukur pada penelitian ini adalah hasil belajar kognitif dan psikomotor. Hasil belajar psikomotor terdiri dari keterampilan berpikir kritis dan kinerja proyek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Tes dilakukan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa dan tes untuk mengukur keterampilan berpikir kritis yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Teknik non tes dilakukan dengan observasi keterlaksanaan pembelajaran dan kinerja proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu dengan PjBL oleh guru pada siklus I hingga siklus III berturut-turut adalah 85% 88% dan 100% dengan kriteria sangat baik. Keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu dengan PjBL oleh siswa pada siklus I hingga siklus III berturut-turut adalah 80% dengan kriteria baik 88% dan 100% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu dengan PjBL menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 71% pada siklus I 79% pada siklus II dan 88% pada siklus III dengan peningkatan dari siklus I-III sebesar 17%. Hasil belajar psikomotor siswa berupa keterampilan berpikir kritis melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu dengan PjBL menunjukkan hasil persentase rata-rata seluruh indikator sebesar 72 07% pada siklus I dengan kriteria kurang kritis 79 68% pada siklus II dengan kriteria cukup kritis dan 84 75% pada siklus III dengan kiteria sangat kritis. Hasil belajar psikomotor siswa berupa kinerja proyek melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu dengan PjBL menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 76% pada siklus I 82% pada siklus II dan 88% pada siklus III dengan peningkatan dari siklus I-III sebesar 12%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu dengan Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Lintas Minat Biologi SMAN 2 Malang. ABSTRACT Izza Aqidatul. 2017. The Implementation of Guided Inquiry Combined with Project Based Learning to Improve Learning Outcomes of 10th Grade Students in Biology Cross-Curricular Class of SMAN 2 Malang. Thesis Department o Biology Faculty Mathematics and Science State University of Malang. Advisors (1) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc Ph.D. (2) Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd. Kata Kunci guided inquiry PjBL learning outcomes cross-curricular program Education is one of the important aspects of a nation. In the 21st century known as knowledge age or century of knowledge allows every student to access information from anywhere anywhere and anytime. One of the challenges of teachers in the 21st century is to organize active learning which is learning activities that focus on the student s activities and teachers are just as facilitators. Based on the result of observations in the grade 10th student in Biology cross-curricular program found some problems that students tend to be passive in the class silent just listening the teacher memorizing taking notes students feel bored and not seriously in study. Students are not accustomed to self-study and always depend on the teacher s explanation. Biology learning in grade 10th student in Biology cross-curricular program also tends to still based on textbook so that less can stimulate students to think critically and solve problems in everyday life. It makes learning result of grade 10th student in Biology cross-curricular program is still low. One alternative to overcome the above problems is to apply an active learning model innovative and can improve student learning outcomes are Guided Inquiry combined with PjBL. This research is Classroom Action Research with qualitative and quantitative approach. This research was conducted in 3 cycles with each cycle held 4 meetings. The research phase of the Classroom Action Research including planning implementation observation and relection. The research held in Animalia and Ecosystem material. The subjects in this research are 34 student of 10th. grade in Biology cross-curricular program that consist of 13 male students and 21 female students. Learning outcomes that measure in this research are cognitive and psychomotor. The psychomotor s learning outcomes consist of critical thinking skills and project performance. Data collection techniques used were test and non test. The tests were conducted to measure students cognitive learning outcomes and tests to measure critical thinking skills implemented at each end of the cycle. Non-test technique is done by observation of the implementation of learning and project performance. The results showed that the implementation of Guided Inquiry combined with PjBL by teachers in the first cycle until the third cycle was 85% 88% and 100% respectively with very good criteria. The implementation of Guided Inquiry combined with PjBL by students in the first cycle until the third cycle is 80% with good criteria 88% and 100% with very good criteria. Student cognitive learning outcomes through the implementation of Inquiry Learning model combined with PjBL showed classical completeness of 71% in first cycle 79% in second cycle and 88% in third cycle with an increase from first untill third cycle is 17%. Psychomotor learning outcomes of students in the form of critical thinking skills through the implementation of learning model Guided Inquiry combined with PjBL showed the average percentage of all indicators is 72.07% in first cycle with criteria less critical 79 68% in second cycle with criteria quite critical and 84.75% in third cycle with criteria very critical. Psychomotor learning outcomes of students in the form of project performance through the implementation of Guided Inquiry combined with PjBL showed classical completeness of 76% in first cycle 82% in second cycle and 88% in third cycle with an increase from first untill third cycle is 12% . The conclusion obtained from this research is the implementation of Guided Inquiry combined with Project Based Learning (PjBL) can improve the learning outcomes of students of Xth grade of Biology cross-curricular program in SMAN 2 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25168 |
Actions (login required)
View Item |