Firdausi, Nur Istiqlalial (2017) Pengaruh gender dan strategi pembelajaran cooperative script terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kritis, dan retensi siswa kelas XI di SMAN 9 Malang / Nur Istiqlalial Firdausi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Firdausi Nur Istiqlalial. 2017. Pengaruh Gender dan Strategi Pembelajaran Cooperative Script terhadap Keterampilan Metakognitif Kemampuan Berpikir Kritis dan Retensi Siswa Kelas XI di SMAN 9 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. A.D. Corebima M.Pd (2) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd Kata Kunci Cooperative Script Gender Keterampilan Metakognitif Kemampuan Berpikir Kritis Retensi Pendidikan merupakan proses dinamis yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Perkembangan pendidikan yang terjadi secara dinamis memicu adanya pergeseran dan perubahan mendasar pada tataran paradigma arah tujuan serta tantangannya. Tantangan di dunia pendidikan pada abad 21 ini idealnya sumber daya manusia (SDM) memiliki empat kemampuan berpikir dan bertindak yaitu berpikir kritis kreatif kolaboratif dan komunikatif. Ironisnya meski Abad 21 telah memasuki satu dekade beberapa sekolah di Malang masih kurang memberdayakan kecakapan hidup abad 21 pada siswanya khususnya keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan retensi. Terlepas dari kurangnya pemberdayaan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan retensi terdapat permasalahan lain yang tidak teramati di dunia pendidikan yaitu gender. Menghadapi kenyataan tersebut diperlukan suatu upaya untuk memberdayakan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan retensi pada siswa laki-laki dan perempuan. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan penerapan strategi pembelajaran Cooperative Script (CS). CS merupakan strategi yang mampu memberdayakan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan retensi pada siswa laki-laki dan perempuan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui 1) pengaruh strategi Pembelajaran CS terhadap peningkatan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis retensi hasil belajar retensi keterampilan metakognitif dan retensi kemampuan berpikir kritis siswa di Malang 2) pengaruh gender terhadap peningkatan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis retensi hasil belajar retensi keterampilan metakognitif dan retensi kemampuan berpikir kritis siswa di Malang 3) pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran CS dengan gender terhadap peningkatan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis retensi hasil belajar retensi keterampilan metakognitif dan retensi kemampuan berpikir kritis siswa di Malang. Rancangan penelitian yang digunakan ialah quasi eksperiment dengan pretest posttest nonequivalent group design. Variabel bebas adalah gender dan srategi pembelajaran. Variabel terikat adalah keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan retensi siswa. Populasi penelitian ialah siswa kelas XI di SMAN 9 Malang. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI-MIA E SMAN 9 Malang. Data diambil pada saat pretest posttest dan tes retensi. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan anakova dengan taraf signifikansi 0 05 (P 0 05) menggunakan data skor pretest posttest dan retensi. Uji anakova dengan taraf signifikansi 0 05 (P 0 05) dilakukan menggunakan data selisih posttest dengan pretest dan retensi dengan posttest. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji normalitas data dengan uji Shapiro-Wilk dan uji homogenitas data dengan Levene test. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh strategi pembelajaran CS terhadap peningkatan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis namun tidak ada pengaruh strategi pembelajaran CS terhadap peningkatan retensi hasil belajar retensi keterampilan metakognitif dan retensi kemampuan berpikir kritis siswa 2) ada pengaruh gender terhadap peningkatan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis retensi hasil belajar retensi keterampilan metakognitif dan retensi kemampuan berpikir kritis siswa. Pencapaian keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis retensi hasil belajar retensi keterampilan metakognitif dan retensi kemampuan berpikir kritis siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki 3) ada interaksi antara gender dengan strategi pembelajaran CS terhadap peningkatan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis retensi hasil belajar dan retensi keterampilan metakognitif namun tidak ada pengaruh interaksi antara gender dengan strategi pembelajaran CS terhadap peningkatan retensi kemampuan berpikir kritis siswa. Pencapaian keterampilan metakognitif siswa perempuan dengan penerapan strategi pembelajaran CS paling tinggi daripada siswa lainnya Strategi pembelajaran CS terbukti dapat meningkatkan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa baik pada siswa laki-laki atau siswa perempuan tetapi kurang mampu memberdayakan retensi hasil belajar kognitif retensi keterampilan metakognitif dan retensi kemampuan berpikir kritis siswa. Strategi pembelajaran CS mampu memberdayakan retensi hasil belajar kognitif retensi keterampilan metakognitif dan retensi kemampuan berpikir kritis siswa. Penulis menyarankan pada penelitian selanjutnya lama satu siklus pembelajaran dikontrol dengan baik dan pelaksanaan tes retensi dilakukan sebelumnya dan guru harus bisa mengatur jadwal dengan baik terlebih jika banyak kegiatan dari pihak sekolah agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. ABSTRACT Firdausi Nur Istiqlalial. 2017. The Effect of Gender Differences and Cooperative Script on Metacognitive Skills Critical Thinking Skills and Retention of the students off Class XI Senior High School 9 Malang. Unpublish Thesis. Study Program of Biology Education. Undergraduated Program on State University of Malang. Advisors (1) Prof. Dr. A.D. Corebima M.Pd (2) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd Key Word Cooperative Script Gender Metacognitive Skills Critical Thinking Skill Retention Education is a dynamic process that continues to grow with the times. Dynamic development of education triggered a shift and fundamental change in the level of paradigm direction goals and challenges. Challenges in the education world in the 21st century ideally human resources has four ability to think and act critical thinking skill creative collaborative and communicative skillss. Ironically although the 21st Century has entered a decade some schools in Malang are still less empowering 21st century life skills on their students especially metacognitive skills critical thinking skills and retention. Regardless of the lack of empowerment of metacognitive skills critical thinking skills and retention there are other issues not observed in the world of education that is gender. Faced with this reality an effort is needed to empower metacognitive skills critical thinking skills and retention in male and female students. These problems can be solved by applying Cooperative Script (CS) learning strategies. CS is a strategy that capable of empowering metacognitive skills critical thinking skill and retention in boys and girls. The purpose of this study is to know 1) the influence of CS Learning strategy on improvement of metacognitive skill critical thinking ability learning result retention retention of metacognitive skill and retention of students critical thinking ability in Malang 2) gender influence on the improvement of metacognitive skills critical thinking skills learning result retention retention of metacognitive skills and retention of students critical thinking skills in Malang 3) the influence of interaction between CS learning strategy with gender toward improvement of metacognitive skill critical thinking ability learning result retention retention of metacognitive skill and retention of students critical thinking ability in Malang. The research design used is quasi experiment with pretest posttest nonequivalent group design. The independent variables are gender and learning strategies. The dependent variable is the metacognitive skill critical thinking ability and student retention. The population of research is the students of class XI in SMAN 9 Malang. The sample of this research is the students of class XI-MIA E SMAN 9 Malang. Data is taken during pretest posttest and retention tests. The first test instrument is tested for validity and reliability. Hypothesis test using anakova with significance level 0 05 (P
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25167 |
Actions (login required)
View Item |