Analisis butir soal Ulangan Akhir Semester (UAS) gasal Biologi kelas X dan XI tahun pelajaran 2016/2017 di SMAN 1 Kampak berdasarkan teori tes klasik / Charinda Bella Ramadhiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis butir soal Ulangan Akhir Semester (UAS) gasal Biologi kelas X dan XI tahun pelajaran 2016/2017 di SMAN 1 Kampak berdasarkan teori tes klasik / Charinda Bella Ramadhiana

Ramadhiana, Charinda Bella (2017) Analisis butir soal Ulangan Akhir Semester (UAS) gasal Biologi kelas X dan XI tahun pelajaran 2016/2017 di SMAN 1 Kampak berdasarkan teori tes klasik / Charinda Bella Ramadhiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhiana Charinda Bella. 2017. Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Gasal Biologi Kelas X dan XI Tahun Pelajaran 2016/2017 di SMAN 1 Kampak Berdasarkan Teori Tes Klasik. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi M.Pd. (II) Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd. Kata Kunci Analisis butir soal Ulangan Akhir Semester Teori Tes Klasik ITEMAN Analisis butir soal bermanfaat untuk mengidentifikasi butir soal yang kurang baik dan memperoleh informasi untuk penyempurnaan soal. Analisis butir soal UAS Biologi di SMAN 1 Kampak tahun 2016/2017 belum dilakukan. Analisis butir soal pernah dilakukan secara manual pada tahun 2015/2016 meliputi tingkat kesukaran daya beda dan efektivitas pengecoh namun analisis terhadap materi (validitas isi) konstruksi bahasa dan reliabilitas belum dilakukan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kualitatif dan kuantitatif butir soal serta perbaikan dan kesesuaian butir soal dengan indikator UAS gasal Biologi kelas X dan XI di SMAN 1 Kampak tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif-kuantitatif. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif meliputi validitas isi (materi) validitas konstruk (konstruksi) dan bahasa yang dibandingkan dengan instrumen penelitian kualitatif. Butir soal yang tidak memenuhi aspek kualitatif akan dilakukan perbaikan. Analisis data kuantitatif meliputi tingkat kesukaran daya beda efektivitas pengecoh dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan program ITEMAN (Item and Test Analysis) versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan validitas isi butir soal UAS kelas X dan XI sebesar 87 5% dan 85 83%. Persentase validitas konstruk butir soal kelas X dan XI sebesar 95 71% dan 84 29%. Persentase validitas bahasa butir soal kelas X dan XI sebesar 89 16% dan 91 67%. Persentase butir soal sukar di kelas X lebih besar daripada butir soal sedang dan mudah. Persentase butir soal sedang di kelas XI lebih besar daripada butir soal sukar dan mudah namun tidak mencapai 50% sehingga proporsi soal tidak sesuai. Daya beda butir soal kelas X dan XI yang berkriteria sangat buruk dan buruk lebih dari atau sama dengan 50%. Efektivitas pengecoh butir soal kelas X yang berkriteria sangat baik dan baik sebesar 70% sedangkan butir soal kelas XI sebesar 20%. Reliabilitas soal UAS kelas X termasuk kriteria cukup sedangkan soal kelas XI termasuk kriteria rendah. Setelah dilakukan analisis butir soal UAS gasal Biologi kelas X dan XI di SMAN 1 Kampak maka disarankan untuk 1) melakukan telaah kembali mengenai kesesuaian indikator dengan kompetensi dasar 2) melakukan analisis kualitatif sebelum soal diujikan dan 3) melakukan analisis kuantitatif setelah soal diujikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25164

Actions (login required)

View Item View Item