Pengaruh project-based learning berbantuan instagram terhadap literasi lingkungan dan hasil belajar kognitif / Sintya Yuliandini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh project-based learning berbantuan instagram terhadap literasi lingkungan dan hasil belajar kognitif / Sintya Yuliandini

Yuliandini, Sintya (2017) Pengaruh project-based learning berbantuan instagram terhadap literasi lingkungan dan hasil belajar kognitif / Sintya Yuliandini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuliandini Sintya. 2017. Pengaruh Project-Based Learning berbantuan Instagram Terhadap Literasi Lingkungan dan Hasil Belajar Kognitif Skripsi Jurusan Biologi Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si. (II) Dr. Sueb M.Kes. Kata Kunci literasi lingkungan hasil belajar kognitif ekologi perubahan dan pelestarian lingkungan project-based learning instagram Literasi lingkungan adalah kemampuan individu untuk memahami dan peduli terhadap kondisi lingkungan serta mengambil tindakan dalam upaya penyelesaian masalah lingkungan. Literasi lingkungan memiliki tujuan untuk memberi pengetahuan lingkungan kepada masyarakat dalam memanfaatkan sumberdaya alam yang ada agar menghindari kerusakan lingkungan. Salah satu contoh kerusakan lingkungan yaitu pada tahun 2016 50 persen atau separuh Kota Batu telah mengalami kerusakan lingkungan. Dari 11.227 hektar luasan hutan 5.900 hektar telah rusak. Dari 111 sumber mata air yang tercatat kini tinggal 57 sumber mata air. Sekarang ini manusia merupakan faktor penyebab yang sangat signifikan pada peristiwa perusakan lingkungan. Sebagai upaya untuk menangani permasalahan lingkungan dibutuhkan partisipasi dari semua pihak khususnya generasi muda penerus bangsa. Salah satu cara untuk menanamkan kepedulian lingkungan yang baik yaitu melalui pendidikan lingkungan.Dalam belajar mengenai lingkungan diperlukan pemahaman konsep pada siswa. Pemahaman konsep ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil nilai rapor semester 1 kelas X MIPA menunjukkan reratanilai siswa masih sesuai KKM atau hanya sedikit diatas KKM yaitu antara 70 hingga 75. Untuk meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif tersebut diperlukan model pembelajaran yang menunjang salah satunya yaitu model Project-Based Learning (PjBL) yang dibantu dengan media pembelajaran berupa jejaring sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan embedded design. Penelitian ini dilaksanakan bulan Maret-April 2017 pada kelas X MIPA 1 dan X MIPA 4 SMA Negeri 1 Batu. Instrumen menggunakan soal tes literasi lingkungan yang juga digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa dengan reliabilitas sebesar 0 769 (sangat tinggi). Analisis data yang digunakan terdiri atas analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis data kuantitatif melalui uji statistika uji normalitas uji homogenitas uji hipotesis anakova dan effect size. Sedangkan analisis data secara kualitatif dilakukan dengan menggunakan model Miles and Huberman. Simpulan penelitian ini yaitu ada perbedaan literasi lingkungan dan hasil belajar kognitif siswa yang mendapatkan PjBL berbantuan instagram dan PjBL dengan kovariat (pretes) tidak berpengaruh terhadap literasi lingkungan dan hasil belajar kognitif siswa. Hasil ini diperkuat effect size sebesar 3 04 pada kelas eksperimen dan 2 62 pada kelas kontrol yang menyatakan bahwa PjBL berbantuan instagram dan PjBL secara signifikan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan literasi lingkungan hasil belajar kognitif siswa. Simpulan ini didukung pula oleh analisis kualitatif dari hasil diskusi pada instagram angket dan wawancara yaitu perlakuan PjBL berbantuan instagram berpengaruh terhadap literasi lingkungan siswa hasil belajar kognitif siswa. ABSTRACT Yuliandini Sintya. 2017. The Effect of Project-Based Learning Assisted Instagram on Environmental Literacy and Cognitive Learning Outcomes. Undergraduate Thesis Biology Education Malang State University. Supervisors (I) Dr. Hadi Suwono M.Si. (II) Dr. Sueb M.Kes. Key word environmental literacy cognitive learning outcomes ecology environmental change and conservation project-based learning instagram Environmental literacy is the ability of individuals to understand and care about environmental conditions and take action in an effort to solve environmental problems. Environmental literacy aims to provide environmental knowledge to the community in utilizing existing natural resources to avoid environmental damage. One example in 2016 50 per cent or half Kota Batu has suffered environmental damage. Of the 11 227 hectares of forest area 5 900 hectares have damaged. Of the 111 springs were recorded now only 57 springs. Today humans are a very significant contributing factors to the event of environmental destruction. As an effort to deal with environmental issues it takes participation from all parties especially the younger generation of the nation. One way to embed good environmental awareness is through environmental education.In learning about the environment is required understanding of the concept to students. Understanding this concept can be seen from student learning outcomes. Based on the results of the 1st half report card grades in X class of science showed a mean value is still appropriate or just slightly above KKM is between 70 to 75. To improve the learning outcomes in the cognitive domain a learning model is needed one of which is a project-based learning model that is assisted with Instagram media. This research uses mixed methods with embedded design. This research was conducted in March-April 2017 in class X class of science 1 and X class of science 4 of SMA Negeri 1 Batu. The instrument is a matter of environmental literacy test that is also used to measure students cognitive learning outcomes with a reliability of 0.769 (very high).The data analysis used consisted of quantitative and qualitative analysis. Quantitative data analysis through statistical test of normality test homogeneity test hypothesis anakova test and effect size. Qualitative data is analyzed using Miles and Huberman model. The conclusions of this study are that there are the differences in environmental literacy and the students cognitive learning outcomes of student using PjBL assisted Instagram and PjBL with covariates (pretest) has no effect on environmental literacy. The results are reinforced by size effect of 3.04 in the experimental class and 2.62 in the control class which states Project-Based Learning assisted Instagram and Project-Based Learning has significantly greater impact on the improvement of environmental literacy and students cognitive learning outcomes. This conclusion is supported also by qualitative analysis of the results of discussion on instagram questionnaire and interview the treatment of Project-Based Learning assisted instagram influenced the students environmental literacy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25159

Actions (login required)

View Item View Item