Pengembangan handout berbasis problem based learning hasil penelitian pemanfaatan bakteri dalam keseimbangan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Nuhammadiyah 1 Malang / Febrinia Tika Mar'atus Sholihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan handout berbasis problem based learning hasil penelitian pemanfaatan bakteri dalam keseimbangan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Nuhammadiyah 1 Malang / Febrinia Tika Mar'atus Sholihah

Sholihah, Febrinia Tika Mar'atus (2017) Pengembangan handout berbasis problem based learning hasil penelitian pemanfaatan bakteri dalam keseimbangan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Nuhammadiyah 1 Malang / Febrinia Tika Mar'atus Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sholihah Febrinia Tika Mar atus. 2017. Pengembangan Handout Berbasis Problem Based Learning Hasil Penelitian Pemanfaatan Bakteri dalam Keseimbangan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Suarsini M.S (II) Agung Witjoro S.Pd. M.Kes. Kata Kunci handout Problem Based Learning keseimbangan lingkungan penelitian dan pengembangan Pengembangan handout pada materi perubahan lingkungan ini didasari oleh kurangnya bahan ajar yang tersedia di SMA Muhammadiyah 1 Malang. Bahan ajar yang digunakan adalah buku paket yang jumlahnya terbatas kurang memacu kegiatan aktif siswa dan terkesan tekstual. Akibatnya hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa melalui pengembangan handout berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan materi tambahan yang dikaji dari hasil penelitian keefektifan bakteri dalam mendegradasi logam berat krom dalam rangka pemberian sosialisasi atau menambah wawasan siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ASSURE (Analize State objectives Select method media and material Utilize materials Require learner response Evaluation) oleh Smaldino dkk. (2005). Data yang diperoleh meliputi data validasi data uji coba uji keefektifan (hasil belajar kognitif) hasil belajar afektif dan psikomotor. Data validasi diukur dengan angket validasi oleh ahli bahan ajar ahli materi dan ahli praktisi lapangan. Data uji coba diisi oleh 20 siswa. Uji keefektifan (hasil belajar kognitif) hasil belajar afektif dan psikomotor dilakukan pada 36 siswa. Hasil analisis penilaian validator ahli bahan ajar diperoleh rata-rata sebesar 93.5%. Rata-rata yang diperoleh dari angket validasi oleh ahli materi sebesar 97.9% dan ahli praktisi lapangan 97.8%. Hasil perolehan validasi tersebut menunjukkan bahwa handout yang dihasilkan dikategorikan sangat valid. Rerata hasil uji coba terhadap 20 siswa didapatkan persentase sebesar 88% yang menunjukkan bahwa handout termasuk pada kategori sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Uji keefektifan ditunjukkan dengan hasil belajar kognitif yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan skor gain (gain score) dan menghasilkan nilai 0.4 sehingga handout berbasis PBL yang dihasilkan menunjukkan keefektifan sedang. Hasil belajar afektif siswa diperoleh dari penilaian sikap spiritual dan sosial oleh observer serta penilaian sikap sosial oleh diri siswa sendiri Rata-rata yang diperoleh sebesar 91.3 86.5 dan 90.6. Hasil belajar psikomotor didapatkan dari hasil karya siswa menunjukkan rata-rata sebesar 88.9. Berdasarkan data tersebut dapat dinyatakan bahwa handout dapat digunakan dalam pembelajaran pada materi perubahan lingkungan dan pelestarian lingkungan. ABSTRACT Sholihah Febrinia Tika Mar atus. 2017. Development of Handout Based on Problem Based Learning from Research of The Benefit Bacteria Result for Environmental Balance to Improve Student Learning Outcames of 10th Grade SMA Muhammadiyah 1 Malang. Thesis (Undergraduate) Biology Department Faculty of Mathematics and Natural Science Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Dr. Endang Suarsini M.S (II) Agung Witjoro S.Pd. M.Kes. Kata Kunci handout Problem Based Learning environmental balance research and development The development of environmental change material s handout is based on the lack of teaching materials available at SMA Muhammadiyah 1 Malang. The teaching materials that used by students is limited number of textbooks that less activate students and give textual impression. As a result the student learning outcomes is low. Therefore conducted research to improve students learning outcomes through the development of handout based on Problem Based Learning (PBL) with additional matter from the effectiveness of bacteria degrading heavy metal chromium research in order to give socialization of the effectiveness of bacteria degrading heavy metal chromium and to improve students knowledge. This Research and development using ASSURE (Analyze State objectives the Select method media and materials Utilize materials Require learner response Evaluation) proposed by Smaldino et al (2005). Data obtained from validation test trials test and effectiveness test (cognitive learning outcomes) affective and psychomotor learning outcomes. Validation test is measured with a questionnaire validation by instructional materials expert subject matter experts and practitioners of the field expert. Trials test data was completed by 20 students. Effectiveness test (cognitive learning outcomes) affective and psychomotor learning outcomes conducted on 36 students. Analysis result of the expert validator assessment gained an average of 93.5%. The average that obtained from the questionnaire validation by subject matter experts are 97.9% and 97.8% by proficient practitioners of the field. This results showed that the validation of handout categorized as very valid. Average results of trial on 20 students obtained a percentage of 88% showing that the handout included in the category of very practical use in learning. Then the gain score of effectiveness test showed by cognitive learning outcomes that indicated by the pretest and posttest scores are 0.4 it means that the effectiveness of handout based on Problem Based Learning (PBL) is medium. The affective learning outcames obtained by spiritual and social assessment from the observer as well as an assessment of social by the students gained average at 91.3 86.5 and 90.6. Psychomotor learning outcames obtained from the student s work showed an average of 88.9. Based on the mentioned data we can assume that this handout can be used by students for the environment change and environment conservation material.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25152

Actions (login required)

View Item View Item