Ulifianti, Rianita (2016) Pengembangan multimedia interaktif autoplay pada materi perubahan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Panjura Malang / Rianita Ulifianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ulifianti Rianita. 2016. Pengembangan Multimedia InteraktifAutoplaypadaMateriKeseimbanganLingkungan/IklimdanDaurUlangLimbahuntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelas X SMA PANJURA Malang. Skripsi JurusanBiologi FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I)Dr. EndangSuarsini M.Ked (II) Drs. I WayanSumberartha M.Sc. Kata Kunci Multimedia InteraktifAutoplay keseimbanganlingkungan/iklimdandaurulanglimbah model pengembangan ASSURE. Materikeseimbanganlingkungan/iklimdandaurulanglimbahmenurutsiswamerupakanmateri yang sebenarnyamenarikdansangatbermanfaat namunseringkaliterasamembosankandisampaikandenganmetodeceramah. Disampingitu siswatidakmendapatkancontohmendaurulanglimbahuntukdapatdipraktikandikehidupannyasehari-hari. Olehkarenaitu siswamembutuhkan media pembelajaran yangselainmenarikdanmemilikicontohcaramendaurulanglimbah yang dapatmerekapraktikansendiri di rumahjugadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Tujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmengembangkan media pembelajaranpadamaterikeseimbanganlingkungan/iklimdandaurulanglimbahberupa multimedia interaktifAutoplayuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Multimedia interaktifAutoplaydikembangkanberdasarkan model pengembangan ASSURE. Tahapan-tahapannyaadalahAnalyze Learner State Objective Select Methodes Media and Materials Utilize Media and Materials Require Learners Participations danEvaluate and Revise. Multimedia inidivalidasiolehahlimateri ahli media dan guruberdasarkanangketvalidasi. Tingkat kepraktisandanefektifitas media sertanilaiketuntasanklasikal yang diperolehberasaldarisiswaangketresponsiswadanhasilpre-test danpost-test siswa. Hasilvalidasioleh para ahli media yaitu 94 84% ahli media sebesar 95 28% danpraktisilapangansebesar 99 375% menunjukkanbahwa media sangatbaik. Tingkat kepraktisan multimedia interaktifAutoplaymemilikipresentasesebesar 90 57% yang jugamemilikikriteriasangat valid. Berdasarkan rata-rata nilaipre-test danpost-test makadidapatgain-scoresebesar 0 75dandidapatnilaiketuntasanklasikalsebesar 71 42% yang berarti media memilikiefektifitas yang cukuptinggi yang menandakanbahwa media dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Berdasarkan data validasi yang diperolehdapatdisimpulkanbahwa multimedia interaktifAutoplaypadamaterikeseimbanganlingkungan/iklimdandaurulanglimbahsangat valid atausangatlayakuntuk di gunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25144 |
Actions (login required)
View Item |