Rohmah, Khoirista Noor (2016) Perbedaan sikap siswa terhadap pelajaran biologi berdasarkan gender, status sekolah, wilayah sekolah dan hubungannya terhadap hasil belajar biologi / Khoirista Noor R.dengan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rohmah Khoirista Noor. 2016. Perbedaan Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Biologi Berdasarkan Gender Status Sekolah Wilayah Sekolah Dan Hubungannya Terhadap Hasil Belajar Biologi. Skripsi Jurusan Biologi Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hadi Suwono M.Si (2) Agung Witjoro S.Pd. M.Kes. Kata Kunci Sikap Gender Status sekolah Wilayah sekolah dan Hasil belajar. Sikap merupakan salah satu faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Sikap positif terhadap suatu pelajaran harus dimiliki oleh semua siswa untuk dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Namun adanya perbedaan-perbedaan individual dapat menyebabkan intensitas sikap yang berbeda antar siswa. Perbedaan individual diantaranya perbedaan gender lingkungan sosial dan budaya. Perbedaan wilayah sekolah dan status sekolah juga dapat mempengaruhi sikap siswa. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) adakah perbedaan sikap terhadap pelajaran biologi berdasarkan gender 2) adakah perbedaan sikap terhadap pelajaran biologi antara siswa SMA Negeri dan siswa SMA Swasta di Kota Malang 3) adakah perbedaan sikap terhadap pelajaran biologi antara siswa SMA Negeri di Kabupaten Malang dan siswa SMA Negeri di Kota Malang dan 4) adakah hubungan antara sikap terhadap hasil belajar biologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data sikap siswa melalui kuisioner dan wawancara terhadap siswa dan guru. Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru biologi berupa nilai rapor biologi kelas X dan kelas XI semester ganjil serta nilai UTS genap tahun ajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan sebanyak 480 siswa dan 11 guru yang diambil dari 5 SMAN Kota Malang 4 SMAN Kabupaten Malang dan 7 SMA Swasta Kota Malang. Analisis data menggunakan Uji T dan perhitungan persentase sikap siswa serta uji korelasi menggunakan product moment pearson. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan sikap antara laki-laki dan perempuan pada sub indikator pentingya biologi untuk dipelajari tingkat kesulitan pelajaran biologi ketertarikan untuk mengambil karir terkait biologi keberadaan buku teks biologi sikap menerima sikap menghargai dan sikap mengorganisasi 2) terdapat perbedaan sikap antara Siswa SMA Negeri dan siswa SMA Swasta Kota Malang pada sub indikator ketertarikan terhadap biologi pentingnya biologi untuk dipelajari keberadaan buku teks biologi sikap mengorganisasi dan karakterisasi 3) terdapat perbedaan sikap antara siswa SMAN Kabupaten Malang dan siswa SMAN Kota Malang pada sub indikator sikap menerima dan menghargai dan 4) terdapat hubungan positif antara sikap dan hasil belajar biologi. Guru hendaknya mampu memotivasi dan membimbing siswa terutama siswa laki-laki agar memiliki sikap positif pada semua aspek. Guru biologi di SMA Swasta hendaknya memotivasi agar siswa lebih antusias dalam belajar biologi dan bagi guru SMA Negeri di Kota hendaknya lebih meningkatkan sikap positif siswa pada aspek sikap menerima dan menghargai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25142 |
Actions (login required)
View Item |