Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Malang / Annisa Rachma - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Malang / Annisa Rachma

Rachma, Annisa (2016) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Malang / Annisa Rachma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rachma Annisa.2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi M. Pd (II) Dr. Murni Saptasari M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran Problem Based Learning Keterampilan Berpikir Kritis Hasil Belajar Hasil observasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Malang menunjukkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar rendah. Siswa cenderung pasif dan kurang kritis. Salah satu usaha meningkatkan kualitas pembelajaran adalah dengan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL). Tujuan penelitian ini meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Malang dengan model pembelajaranPBL.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK) merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data keterampilan berpikir kritis hasil belajar siswa dan keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran PBL. Teknik pengumpulan yaitu soal tes kognitif soal tes keterampilan berpikir kritis catatan lapangan dan dokumentasi oleh observer. Berdasarkan paparan dan temuan penelitian diperoleh dua simpulan. Pertama keterampilan berpikir kritis siswa pada siklus II mengalami kenaikan dibanding siklus I. Rerata keterampilan berpikir siklus 1 sebesar 1 50 yang tergolong kurang kritis dengan persentase sebesar 23% sedangkan pada siklus II rerata keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 2 36 yang tergolong kritis dengan persentase sebesar 76%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis meningkat sebesar 53%. Kedua secara klasikal ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar klasikal pada siklus I sebesar 67 6 % sedangkan pada siklus II sebesar 80%. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan pada siklus I dan II sebesar 30 3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25140

Actions (login required)

View Item View Item