Penerapan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA 6 SMAN 10 Malang / Lina Arfiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA 6 SMAN 10 Malang / Lina Arfiani

Arfiani, Lina (2016) Penerapan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA 6 SMAN 10 Malang / Lina Arfiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arfiani Lina.2014.Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA 6 SMAN 10 Malang.Skripsi.Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang .Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd (II) Dra. Eko Sri Sulasmi M.S Kata Kunci Inkuiri Terbimbing Keterampilan Proses Sains Kemampuan Berpikir Kritis Hasil observasi awal di kelas X IPA SMA Negeri 10 Malang menunjuk- kan pembelajaran di kelas didominasi dengan ceramah. Ceramah membuat siswa pasif dalam belajar karena siswa langsung menerima ilmu dari guru tanpa berusa- ha menemukan sendiri. Keadaan siswa yang pasif membuat keterampilan proses sains siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Indikator rendahnya keterampilan proses sains ditunjukkan dengan kesulitan siswa ketika mengerjakan tugas penelitian sederhana yang diberikan oleh guru. Indikator kemampuan berpikir kritis yang rendah ditunjukkan dengan kesulitan siswa dalam mengemu- kakan argumen dan kurangnya kemampuan siswa dalam menjawab soal yang menuntut memberikan evaluasi dan solusi.Pemberdayaan kemampuan berpikir krtitis juga belum dilakukan dibuktikan dengan soal yang diberikan kepada siswa rata-rata adalah soal dengan tingkat kognitif rendah antara C1 sampai C3. Berbagai permasalahan tersebut membuat peneliti merasa perlu menerapkan metode inkuiri terbimbing yang dapat membuat siswa aktif dalam menemukan pengetahuannya sendiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 6 SMA Negeri 10 Malang yang terdiri dari 6 laki-laki dan 13 perempuan. Data keterampilan proses sains dan data kemampuan berpikir kritis didapatkan melalui tes tulis. Data yang didapatkan dari tes tulis adalah data dalam bentuk skor. Data skor keterampilan proses sains dan data skor kemampuan berpikir kritis digunakan untuk menentu- kan nilai klasikal dan persentase penguasaan pada tipa indikator. Nilai klasikal yang diperoleh siswa di kelas untuk keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis dikonversi ke dalam skala dengan 5 tingkatan yaitu baik sekali baik cukup kurang dan sangat kurang. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampalian proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai klasikal keterampilan proses sains siswa meningkat dari 59 78 pada siklus I menjadi 76 79 pada siklus II. Nilai klasikal kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari 46 53 pada siklus I menjadi 63 28 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25139

Actions (login required)

View Item View Item