Pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC pada jenis kelamin berbeda terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif biologi siswa di SMAN 6 Malang / Yuli Brasilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC pada jenis kelamin berbeda terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif biologi siswa di SMAN 6 Malang / Yuli Brasilia

Brasilita, Yuli (2016) Pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC pada jenis kelamin berbeda terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif biologi siswa di SMAN 6 Malang / Yuli Brasilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Brasilita Yuli. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Simas Eric pada Jenis Kelamin Berbeda terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa di SMAN 6 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd (II) Dr. Murni Saptasari M.Si. Kata Kunci Simas Eric jenis kelamin keterampilan metakognitif hasil belajar kognitif Keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif dibutuhkan dalam menjalankan Kurikulum 2013 yang memliki paradigma student centered. Berdasarkan observasi di SMAN 6 Malang kesadaran siswanya dalam merencanakan belajarnya memonitor proses belajarnya dan mengevaluasi hasil belajarnya sendiri masih tergolong rendah. Hal yang sama juga terjadi pada hasil belajar kognitifnya yang kebanyakan tidak mencapai KKM sebesar 75. Berdasarkan observasi guru di SMAN 6 Malang tersebut masih kurang memperhatikan tentang perbedaan jenis kelamin misalnya dalam pembagian kelompok yang dimungkinkan berpengaruh terhadap proses pembelajaran di kelas. Pada aplikasinya kualitas pengajaran selalu terkait dengan penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk 1) mengetahui ada tidaknya perbedaan pencapaian model pembelajaran Simas eric pada jenis kelamin berbeda terhadap keterampilan metakognitif 2) ada tidaknya perbedaan pencapaian model pembelajaran Simas eric pada jenis kelamin berbeda terhadap hasil belajar kognitif dan 3) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran Simas eric dengan jenis kelamin terhadap pencapaian keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa di SMAN 6 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau quasi experiment dengan pola non equivalent control group design. Berdasarkan hasil analisis data uji anakova menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen lebih dapat memberdayakan keterampilan metakognitif dan hasil belajar metakognitif jika dibandingkan dengan siswa kelas kontrol dengan peningkatan sebesar 6 7% untuk keterampilan metakognitif dan 78% untuk hasil belajar kognitif. Hasil perbedaan jenis kelamin menunjukkan bahwa jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan jenis kelamin terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif namun jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif. Diantara model pembelajaran Simas eric dan jenis kelamin juga tidak terdapat interaksi dalam memberdayakan keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif. Adapun saran untuk penelitian ini adalah peneliti sebaiknya dapat lebih mengarahkan siswa untuk tidak mengosongkan jawaban saat mengerjakan soal essai sebagai soal pretest dan posttest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25138

Actions (login required)

View Item View Item