Dias, Nadhia Kirana (2016) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Brawijaya Smart School Malang Jawa Timur / Nadhia Kirana Dias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dias Nadhia Kirana. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A SMP Brawijaya Smart School Malang Jawa Timur. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sunarmi M.Pd. (2) Dra. Amy Tenzer M.S. Kata Kunci PBL motivasi belajar hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi di kelas VII A SMP Brawijaya Smart School Malang pada 4 Maret 2016 didapatkan fakta bahwa ketuntasan belajar klasikal penge-tahuan siswa pada materi suhu dan pemuaiannya hanya 57% motivasi siswa juga menunjukkan aspek attention siswa sebesar 50 4% relevance 55 2% confidence 49 8% dan satisfaction 51 4%. Untuk itu diperlukan alternatif model pembelajaran yang tepat untuk memperbaiki motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini ber-tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Brawi-jaya Smart School Malang melalui penerapan model pembelajaran PBL. Jenis pene-litian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan tindak-an pelaksanaan tindakan observasi tindakan dan refleksi. Penelitian ini mengguna-kan materi pencemaran lingkungan dan pemanasan global dengan data yang dikum-pulkan dalam penelitian ini yaitu keterlaksanaan pembelajaran dengan instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran PBL oleh guru dan siswa motivasi be-lajar siswa dengan instrumen lembar observasi dan angket siswa hasil belajar siswa pengetahuan siswa dengan instrumen tes akhir siklus hasil belajar sikap dengan inst-rumen lembar observasi sikap dan hasil belajar keterampilan dengan lembar obser-vasi keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Motivasi belajar siswa ber-dasarkan observasi rata-rata semua aspek meningkat dari 81 9% pada siklus I menjadi 94 3% di siklus II dan berdasarkan angket rata-rata semua aspek meningkat dari 69 1% di siklus I menjadi 74 3% di siklus II. Hasil belajar pengetahuan meningkat dari 80 9% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II hasil belajar sikap siswa me-ningkat dari 80 9% pada siklus I menjadi 95 2% pada siklus II serta hasil belajar ke-terampilan pada siklus I dan II tetap 100%. Kesimpulan PBL dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diajukan dari hasil penelitian ini sebagai berikut (1) PBL adalah pembe-lajaran memberdayakan siswa untuk berpikir tingkat tinggi dengan proses pemecahan masalah yang kompleks sehingga membutuhkan banyak waktu dalam penerapannya oleh karena itu guru yang memilih memakai PBL harus pandai mengelola waktu (2) Pengelolaan kelas agar lebih diperhatikan lagi terkait dengan manajemen waktu dan pengkondisian siswa agar konsentrasi dan perhatian siswa tetap dari awal sampai akhir pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25137 |
Actions (login required)
View Item |