Pengaruh model STAD (Student Team Achievement Division) dan PjBL (Project Based Learning) terhadap penguasaan konsep, kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Tumpang / Arika Masruroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model STAD (Student Team Achievement Division) dan PjBL (Project Based Learning) terhadap penguasaan konsep, kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Tumpang / Arika Masruroh

Masruroh, Arika (2016) Pengaruh model STAD (Student Team Achievement Division) dan PjBL (Project Based Learning) terhadap penguasaan konsep, kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Tumpang / Arika Masruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masruroh Arika. 2016. Pengaruh Model STAD (Student Team Achievement And Division) dan PjBL (Project Based Learning) Terhadap Penguasaan Konsep Kemampuan Memecahkan Masalah dan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ibrohim M.Si (II) Drs. Masjhudi M.Pd. Kata Kunci Penguasaan Konsep Kemampuan Memecahkan Masalah Kemampuan Berpikir Kreatif STAD PjBL Pembelajaran Biologi di SMA masih banyak yang belum mencapai kompetensi yang diharapkan banyak siswa yang masih belum menguasai konsep memecahkan masalah maupun berpikir kreatif. Banyak model pembelajaran yang digunakan oleh guru misalnya inkuiri dan pembelajaran berbasis masalah namun model yang digunakan belum sesuai dengan sintak yang semestinya. Siswa cenderung tidak antusias dalam pembelajaran disebabkan pembelajaran yang monoton dan berpusat pada guru. Sehingga dalam penelitian ini ditawarkan model kooperatif STAD yang dapat memenuhi kebutuhan siswa dan model PjBL yang dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah dan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model STAD dan PjBL terhadap penguasaan konsep kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kreatif siswa kelas XI MIA 5 di SMA Negeri 1 Tumpang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasi Experimen Design non randomized pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan berupa silabus RPP Lembar keterlaksanaan yang digunakan untuk mengukur keterlaksanaan model pembelajaran dan soal tes untuk mengukur penguasaan konsep kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kreatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen. Data hasil tes dianalisis menggunakan ANAKOVA (Analisis Kovarian). Hasil observasi pembelajaranmenunjukkan persentase keterlaksanaan tahapan pembelajaran oleh guru dan siswa pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 85%-91% maka secara umum pembelajaran pada kelas ekperimen telah terlaksana dengan konsisten dan sesuai dengan tahapan masing-masing model pembelajaran. Hasil ANAKOVA menunjukkan model STADdan PjBLberpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan konsep kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswakelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Tumpang dengan nilai p (0 000)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25135

Actions (login required)

View Item View Item