Nikmah, Siti Aminathin (2016) Pengaruh penerapan model PBMP dipadu mind mapping terhadap pemahaman konsep dan retensi belajar IPA siswa SMP / Siti Aminathin Nikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nikmah Siti Aminathin. 2015. Pengaruh Penerapan Model PBMP DipaduMind Mapping terhadap Pemahaman Konsep dan Retensi Belajar IPA Siswa SMP. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. A Duran Corebima M.Pd. (II) Dr. Murni Saptasari M.Si. Kata Kunci PBMP Mind Mapping Pemahaman Konsep Retensi Proses pembelajaran menitikberatkan pada nilai KKM dan pencapaian materi dalam kurikulum. Akibatnya pembelajaran yang dilakukan cenderung bersifat informatif teacher-centered dan kurang memberdayakan proses berpikir siswa. Pembelajaran yang demikian menyebabkan pemahaman konsep dan retensi belajar siswa rendah. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan penerapan model pembelajaran PBMP dipadu teknik Mind Mapping. Model PBMP dan teknik Mind Mapping secara terpisah terbukti mampu meningkatkan pemahaman konsep dan retensi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penerapan model pembelajaran PBMP PBMP dipadu Mind Mapping dan konvensionalterhadap pemahaman konsep dan retensi belajar IPA siswa SMP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Pre-test-Post-test Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas adalah model PBMP PBMP dipadu Mind Mapping dan pembelajaran konvensional. Variabel terikat adalah pemahaman konsep dan retensi belajar siswa.Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMPN 2 Malang.Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-H VII-I dan VII-J SMPN 2 Malang tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara model PBMP dengan model PBMP dipadu Mind Mapping terhadap pemahaman konsep IPA siswa SMP (2) Ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran konvensional dengan model PBMP dan PBMP dipadu Mind Mapping terhadap pemahaman konsep IPA siswa SMP. Model PBMP dan PBMP dipadu Mind Mapping memberikan hasil pemahaman konsep yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (3) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara model PBMP dan PBMP dipadu Mind Mapping terhadap retensi belajar IPA siswa SMP (4) Ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran konvensional dengan model PBMP dan PBMP dipadu Mind Mapping terhadap retensi belajar IPA siswa SMP. Pembelajaran konvensional memberikan hasil retensi belajar yang paling baik tetapi jumlah informasi yang dapat diserap pada kelas konvensional paling sedikit. Penulis menyarankan pada penelitian selanjutnya penerapan Mind Mapping dilaksanakan pada setiap akhir pertemuan pembelajaran agar siswa terbiasa dengan teknik Mind Mapping dan memberikan hasil yang lebih pasti mengenai pengaruh Mind Mapping. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25134 |
Actions (login required)
View Item |