Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap minat belajar dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang / Windy Rosyadah Mukti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap minat belajar dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang / Windy Rosyadah Mukti

Mukti, Windy Rosyadah (2016) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap minat belajar dan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang / Windy Rosyadah Mukti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mukti Windy Rosyadah. 2016. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. (II) Dra. Sunarmi M.Pd. Kata Kunci inkuiri terbimbing minat belajar hasil belajar kognitif Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan diharapkan dapat memperbaiki kualitas sumber daya manusia. Kuri-kulum 2013 menuntut siswa untuk berpartisipasi aktif selama pembelajaran ber-langsung. Permasalahan dalam pembelajaran IPA di kelas VII SMP Negeri 19 Malang adalah siswa kurang fokus pada proses pembelajaran dan kurang mema-hami materi pembelajaran saat guru menggunakan metode konvensional. Siswa merasa kesulitan dan pasif dalam kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada minat belajar dan hasil belajar yang kurang memuaskan. Dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang dapat memperbaiki kegiatan pembelajaran. Model pem-belajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 dan sesuai untuk mengatasi rendahnya minat belajar dan hasil belajar kognitif siswa adalah model inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing pada matapelajaran IPA terhadap minat belajar dan hasil belajar kog-nitif siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang. Rancangan penelitian yang diguna-kan adalah quasi eksperimen dengan Pre-test-Post-test Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas adalah model inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional. Variabel terikat adalah minat belajar dan hasil belajar kognitif sis-wa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 19 Malang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-H (kelas eksperimen) dan VII-I (kelas kontrol) SMPN 19 Malang tahun ajaran 2015-2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran inkuiri terbimbing tidak berpengaruh terhadap minat belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang dengan nilai signifikansi p 0 703 0 05 dan Fhitung (0 147) Ftabel (3 99) (2) Pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang dengan nilai signifikansi p 0 049 0 05 dan Fhitung (4 026) Ftabel (3 99). Hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 22 25% sedangkan kelas kontrol sebesar 19 99%. Penulis menyarankan pada penelitian selanjutnya jam pelaksanaan pembelajaran sebaiknya tidak berbeda jauh agar hasil penelitian lebih akurat. Mengenalkan sin-taks pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa juga perlu dilakukan agar siswa terbiasa belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25133

Actions (login required)

View Item View Item