Pengembangan bahan ajar multimedia interaktif materi perubahan lingkungan/iklim untuk siswa kelas X SMAN 1 Mojosari melalui hasil penelitian biodegradasi limbah cair industri penyamakan kulit / Yendania Grevitara Pramono

Pramono, Yendania Grevitara (2016) Pengembangan bahan ajar multimedia interaktif materi perubahan lingkungan/iklim untuk siswa kelas X SMAN 1 Mojosari melalui hasil penelitian biodegradasi limbah cair industri penyamakan kulit / Yendania Grevitara Pramono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pramono, Yendania, Grevitara. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Materi Perubahan Lingkungan/Iklim untuk Siswa Kelas X SMAN 1 Mojosari Melalui Hasil Penelitian Biodegradasi Limbah Cair Industri Penyamakan Kulit. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Endang Suarsini, M.Ked. (II) Sitoresmi Prabaningtyas S.Si., M.Si. Kata Kunci: bahan ajar multimedia interaktif, perubahan lingkungan/iklim, biodegradasi, limbah cair penyamakan kulit Bahan ajar multimedia interaktif merupakan bahan ajar non cetak. Bahan ajar ini melibatkan pemanfaatan komputer yang dapat menciptakan proses interaksi pada proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di SMAN 1 Mojosari menunjukkan bahwa siswa dan guru menginginkan bahan ajar multimedia interaktif pada materi perubahan lingkungan/iklim sehingga pembelajaran tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Penelitian ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap ke 1 merupakan penelitian eksperimen dan tahap ke 2 merupakan penelitian pengembangan. Tujuan dari penelitian tahap ke 1 adalah: 1) mengetahui pengaruh konsorsia bakteri dalam berbagai konsentrasi terhadap kandungan BOD, COD, TSS, dan pH limbah; 2) mengetahui pengaruh limbah pasca perlakuan terhadap kelulushidupan ikan Mas (Cyprinus carpio L.). Hasil dari penelitian tahap ke-1 digunakan untuk menyusun produk dari penelitian tahap ke 2 berupa bahan ajar multimedia interaktif. Tujuan dari penelitian tahap ke 2 adalah: 1) menghasilkan bahan ajar multimedia interaktif materi perubahan lingkungan/iklim untuk siswa kelas X SMAN 1 Mojosari; 2) mengetahui validitas bahan ajar multimedia interaktif melalui hasil penelitian biodegradasi limbah. Penelitian tahap ke 2 menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE. Data yang didapatkan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari komentar-komentar yang diberikan oleh para validator. Data kuantitatif didapatkan dari skor skala angket validasi. Data-data tersebut dianalisis sebagai bahan pertimbangan untuk melakuan revisi. Hasil penelitian tahap ke 1 yaitu 1) ada pengaruh konsorsia bakteri dalam berbagai konsentrasi terhadap penurunan kandungan BOD, COD, TSS, dan pH limbah. Konsorsia bakteri yang memiliki kemampuan degradasi tinggi yaitu Bacillus alvei dan Bacillus brevis dengan konsentrasi 6%; 2) tidak ada pengaruh limbah pasca perlakuan terhadap kelulushidupan ikan Mas (Cyprinus carpio L.) karena tidak ada media pembentukan biofilm sebagai tempat menempelnya bakteri sehingga proses degradasi tidak maksimal. Hasil penelitian tahap ke 2 yaitu perolehan validasi produk oleh ahli materi (84%), ahli media (98%), praktisi lapangan (90%) dan respon siswa (81%) menunjukkan produk bahan ajar multimedia interaktif materi perubahan lingkungan/iklim valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Mojosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25130

Actions (login required)

View Item View Item