Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing melalui lesson study untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Tumpang / Amelia Ananda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing melalui lesson study untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Tumpang / Amelia Ananda

Ananda, Amelia (2016) Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing melalui lesson study untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Tumpang / Amelia Ananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ananda Amelia. 2016. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd (II) Dra. Hj. Nursasi Handayani M.Si. Kata Kunci Inkuiri Terbimbing Lesson Study dan Hasil Belajar Hasil observasi pembelajaran Biologi di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Tumpang pada tanggal 28 dan 29 Januari 2016 mengalami permasalahan. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa sikap spiritual dan sosial siswa masih kurang terlihat pada saat pembelajaran guru tidak menanamkan sikap spiritual. Sikap sosial berupa jujur disiplin tanggung jawab dan sopan/santun berdasarkan pengamatan juga masih kurang. Berdasarkan dokumen hasil ulangan harian hasil belajar pengetahuan juga tergolong rendah yaitu dari 34 siswa sebanyak 15 siswa yang tuntas atau ketuntasan klasikal hanya 44%. Selama kegiatan presentasi hasil pengamatan oleh siswa menunjukkan keterampilan siswa dalam berkomunikasi juga masih kurang. Hasil observasi guru dalam mengajar menunjukkan bahwa guru belum menerapkan model pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013. Kerjasama antar guru untuk merancang dan memikirkan pembelajaran Biologi yang lebih berkualitas secara kolaboratif juga belum dilakukan. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui Lesson Study untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Tumpang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian terdiri dari dua siklus. Siklus I dilaksanakan selama 4 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 di SMA Negeri 1 Tumpang dengan jumlah 34 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan dan dilaksanakan pada materi sistem reproduksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan (1) observasi (2) penilaian diri siswa dan (3) tes. Data yang dianalisis berupa (1) keterlaksanaan inkuiri terbimbing melalui LS hasil belajar sikap sosial siswa dan keterampilan siswa dalam presentasi yang diisi oleh observer (2) hasil belajar sikap spiritual siswa yang diisi melalui lembar penilaian diri siswa (self assessment) dan (3) hasil belajar pengetahuan diukur menggunakan tes di akhir siklus dan penilaian LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing melalui LS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar sikap yaitu sikap spiritual dari siklus I ke siklus II sebesar 2 5% sikap sosial yang terdiri dari jujur disiplin tanggung jawab dan sopan/santun secara berturut-turut sebesar 13 7% 6 5% 9 2% dan 2 9% dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pengetahuan meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 12% dan keterampilan sebesar 5 8%. Berdasarkan pembahasan maka disarankan kepada guru atau calon guru dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui Lesson Study karena bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25127

Actions (login required)

View Item View Item