Pengaruh pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwosari pada materi animalia / Eka Budiarti Nengseh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwosari pada materi animalia / Eka Budiarti Nengseh

Nengseh, Eka Budiarti (2016) Pengaruh pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwosari pada materi animalia / Eka Budiarti Nengseh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nengseh EkaBudiarti. 2016. PengaruhPembelajaranKooperatif Model Group Investigation (GI) terhadapHasilBelajarSiswaKelas X SMA Negeri 1 PurwosaripadaMateriAnimalia. SkripsiJurusanPendidikanBiologiUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Drs. Masjhudi M.Pd (II) Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd. Keyword Pembelajarankooperatif Group Investigation hasilbelajar. Model pembelajaranGroup Investigationmerupakansalahsatu model pembelajarankooperatif yang sesuaidenganKurikulum 2013.Model pembelajaranGroup Investigationmerupakansalahsatu model pembelajaran yang menerapkankerjakelompokdanmemunculkankegiatan 5M (mengamati menanya mengumpulkan data mengasosiasi danmengkomunikasikan) dalamkegiatanbelajarnya.Model pembelajaranGroup Investigationmerupakan model pembelajaran yang berpusatpadasiswa (student center) sehinggamemungkinkanbagisiswauntuklebihmandiridalambelajardanmampumenemukansendirikonsepmateri yang dipelajari (konstruktivisme).Selainitu model pembelajaran GI mampumenumbuhkansikapsosialdalamdirisiswasertadapatmengasahketerampilandalamdirisiswa. Tujuanpenelitianiniadalah 1) mengetahuipengaruh model pembelajaranGroup Investigationterhadaphasilbelajarkognitif 2) mengetahuipengaruh model pembelajaranGroup Investigationterhadaphasilbelajarafektif 3) mengetahuipengaruh model pembelajaranGroup Investigationterhadaphasilbelajarpsikomotor. Penelitianinidilakukanpadasiswakelas X MIA 3 dan X MIA 7 SMA Negeri 1 Purwosaripadamaterianimalia.Penelitianinimerupakanpenelitianquasy experimentdenganmenggunakanrancanganrandomized control group pretes-postes design. Data untukpenelitianinidiperolehdenganmelakukanpretesdanpostesuntukhasilbelajarkognitifsertaobservasiuntukhasilbelajarafektifdanpsikomotorsiswa. Data yang didapatkanmerupakan data kuantitatif yang nantinyaakandianalasismenggunakanujianakovauntukhasilbelajarkognitifdanuji-T untukhasilbelajarafektifdanpsikomotor. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakelaseksperimendankelaskontrolmemilikireratanilaipretes yang sama yaitusebesar 48. Kelaseksperimenmemilikireratasebesar 82 untuknilaipostes sedangkankelaskontrolmemilikireratanilaipostessebesar 77.Kelaseksperimenmenunjukkanpeningkatansebesar 34 untukhasilbelajarkognitif sedangkankelaskontrolmenunjukkanpeningkatansebesar 29 untukhasilbelajarkognitif.Padahasilbelajarafektif kelaseksperimenmemilikireratanilaisebesar 87 sedangkankelaskontrolmemilikireratanilaisebesar 85.Kelaseksperimenmemilikireratasebesar 84 untukhasilbelajarpsikomotor sedangkankelaskontrolmemilikireratasebesar 80 untukhasilbelajarpsikomotor. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25126

Actions (login required)

View Item View Item