Suci, Mustika Army (2016) Pengembangan modul biologi berorientasi siklus belajar pada materi sistem reproduksi manusia untuk siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Tumpang / Mustika Army Suci. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Suci M. A. 2016. Pengembangan Modul Biologi Berorientasi Siklus Belajar pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Siswa Kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Triastono Imam Prasetyo M.Pd (II) Drs. I Wayan Sumberartha M.Sc. Kata Kunci Pengembangan Modul Biologi Siklus Belajar Sistem Reproduksi Manusia Proses pembelajaran Biologi khususnya materi Sistem Reproduksi Manusia kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Tumpang belum berjalan baik. Hal ini disebabkan kurang memadainya media pembelajaran yang tersedia buku pegangan siswa terbatas dan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang variatif sehingga siswa merasa bosan dan mengalami kesulitan dalam memahami materi. Oleh karena itu untuk menangani masalah tersebut diberikan bahan ajar yang komunikatif berupa modul belajar kepada siswa. Modul belajar merupakan suatu bahan ajar yang disusun secara sistematis operasional dan terarah agar dapat digunakan siswa secara mandiri. Modul belajar yang dikembangkan ini berorientasi siklus belajar yang terdiri dari 3 tahapan (3e) yaitu eksplorasi eksplanasi dan elaborasi. Pengembangan modul biologi ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran Biologi berorientasi siklus belajar pada materi Sistem Reproduksi Manusia untuk siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Tumpang dan untuk mengetahui tingkat kelayakannya. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Borg Gall (1983) yang terdiri dari 10 langkah pengembangan. Namun pada penelitian ini hanya menggunakan 7 langkah yaitu (1) melakukan studi pendahuluan (2) melakukan perencanaan (3) mengembangkan produk awal (4) memvalidasi produk (5) merevisi produk utama (6) melakukan uji coba lapangan utama dan (7) merevisi produk operasional. Pada penelitian ini ada 3 jenis uji coba yaitu validasi uji kepraktisan dan uji keefektifan modul belajar. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pengisian angket validasi oleh validator ahli angket respon siswa oleh siswa dan skor hasil tes kognitif siswa. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar dari validator ahli. Subyek coba pada penelitian ini adalah validator ahli (terdiri dari ahli media ahli materi dan praktisi lapangan) dan siswa kelas XI MIA1 SMA Negeri 1 Tumpang. Hasil validasi oleh validator ahli media adalah sebesar 86 98 % untuk modul guru dan 85 71 % untuk modul siswa oleh ahli materi adalah sebesar 96 85 % untuk modul guru dan 97 63 % untuk modul siswa serta oleh praktisi lapangan adalah sebesar 85 79 % untuk modul guru dan 86 34 % untuk modul siswa. Hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa modul belajar valid dan layak untuk digunakan. Hasil uji kepraktisan yang diperoleh adalah sebesar 87 11 % yang menunjukkan bahwa modul belajar sangat praktis untuk digunakan. Sedangkan hasil uji keefektifan yang diperoleh adalah sebesar 93 75 %. Oleh karena hasil tersebut melebihi tingkat ketuntasan klasikal sebesar 85% maka modul belajar dikatakan efektif untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25125 |
Actions (login required)
View Item |