Noviyanti, Nurul Ika (2016) Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis Reading, Questioning and Answering (RQA) untuk siswa SMA kelas XI pada materi sistem ekskresi/ Nurul Ika Noviyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Noviyanti NurulIka. 2016. PengembanganModulPembelajaranBiologiBerbasisReading Questioning and Answering (RQA)untukSiswa SMA Kelas XI padaMateriSistemEkskresi.Skripsi JurusanBiologi FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. SusriyatiMahanal M.Pd (2) NuningWulandari S.Si M Si. Kata Kunci pengembanganmodul pembelajaranbiologi sistemekskesi RQA penelitiandanpengembangan. PengembanganModulpembelajaranbiologiinididasariolehkurangnyasumberbelajarpenunjangmateriSistemEkskresi di SMA Laboratorium UM.Sumberbelajar yang digunakansiswakelas XI adalahbukupaket KTSP yang tidakmemadaisiswabelajarsecaramandiri dan LKS yang digunakancenderungtidakmenarik.SulitnyamateridankurangtersedianyabukupenunjangdapatmempengaruhirendahnyapemahamansiswatentangmateriSistemEkskresi.Ketidakpahamansiswatersebutmencakupstrukturanatomiginjal mekanismefisiologiginjal penyakitdangangguanpadasistemekskresi.TujuanpenelitianiniadalahmenghasilkanprodukberupamodulPembelajaranBiologipadamateriSistemEkskresiberbasis RQA yang disesuaikandengankurikulum 2013 dankebutuhansiswa SMA / MA kelas XI yang tervalidasi. Penelitiandanpengembanganinimenggunakan model 4-D (Define Design Develop and Disseminate) olehThiagarajan dkk.(1974) tetapipengembanganmodulinihanyasampaitahap 3-D.Kualitas Isi materimodulinidivalidasiolehahlimateridarijurusanbiologiUniversitasNegeri Malang.Kualitas media pembelajaran modulinidivalidasiolehahlipengembangandarijurusanbiologiUniversitasNegeri Malang.Modulinijugadivalidasioleh guru biologiselakupraktisilapangan dantelahdiujicobakankepada 15 siswa SMA Laboratorium UM. Hasilvalidasimoduliniolehvalidator ahlimateridariJurusanBiologi FMIPA UM menunjukkanrata-ratasebesar3 77. Hasilvalidasiolehahlipengembanganmodulmenunujukkanrata-ratasebesar3 83danpraktisilapangansebesar3 58.Reratahasilujikepraktisanterhadapsiswakelas XI di SMA Laboratorium UM menunjukkanpersentasesebesar 88 5% dengankriteriasangatpraktis danhasilpre eksperimenmodulsebesar 83 37% dengankriteriaefektif. Berdasarkanhasilpengembangan modulsistemekskresimemilikikriteriasangat valid sehinggasangatbaikuntukdigunakan.Modul yang dikembangkandiharapkandapatmenjadisumberbelajaralternatifuntukmenunjangkegiatanpembelajaranbiologi khususnyapadamaterisistemekskresi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25124 |
Actions (login required)
View Item |