Eksplorasi pendidikan karakter pada pembelajaran biologi melalui inkuiri terbimbing (giuded inquiry) di SMA Islam Kepanjen / Putri Ani Puji Khusnul Khotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksplorasi pendidikan karakter pada pembelajaran biologi melalui inkuiri terbimbing (giuded inquiry) di SMA Islam Kepanjen / Putri Ani Puji Khusnul Khotimah

Khotimah, Putri Ani Puji Khusnul (2016) Eksplorasi pendidikan karakter pada pembelajaran biologi melalui inkuiri terbimbing (giuded inquiry) di SMA Islam Kepanjen / Putri Ani Puji Khusnul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khotimah Putri Ani Puji Khusnul. 2016. Eksplorasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Biologi Melalui Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) di SMA Islam Kepanjen. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd (II) Agung Witjoro S.Pd M.Kes. Kata Kunci pendidikan karakter pembelajaran Biologi inkuiri terbimbing. Kurikulum 2013 merupakan sumberdaya pendidikan yang memberikan kontribusi signifikan untuk membangun karakter watak serta kepribadian sehingga membentuk siswa yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual dan keterampilan tetapi juga siswa yang beriman bertakwa berakhlak mulia mandiri kreatif demokratis dan bertanggung jawab (Marlina 2013). Membentuk karakter siswa melalui pendidikan karakter dapat dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter melalui pembelajaran Biologi. Sementara itu pada praktiknya integrasi pendidikan karakter melalui pembelajaran Biologi belum banyak dilaksanakan oleh guru dan sekolah sehingga dilakukan penelitian untuk mengetahui hasil eksplorasi keterlaksanaan pendidikan karakter dan sikap siswa yang menunjukkan nilai karakter pada pembelajaran Biologi melalui inkuiri terbimbing di SMA Islam Kepanjen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian kualitatif dengan metode survei untuk mengetahui persiapan pelaksanaan dan penilaian pendidikan karakter. Tahap persiapan dimulai dengan penyusunan perangkat pembelajaran bermuatan karakter selanjutnya melaksanakan pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter. Adapun tahap penilaian dilakukan selama pelaksanaan pembelajaran untuk menilai keterlaksanaan pendidikan karakter dan nilai karakter yang ditunjukkan oleh sikap siswa. Teknik pengumpulan data melalui teknik angket observasi dan wawancara. Hasil eksplorasi keterlaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran Biologi melalui inkuiri terbimbing untuk materi klasifikasi jamur diperoleh nilai rerata 74 81% sedangkan untuk materi sistem pernapasan manusia didapatkan nilai rerata sebesar 72 99% dengan menunjukkan kriteria baik. Nilai karakter pada pembelajaran klasifikasi jamur dan sistem pernapasan manusia banyak teramati pada tahap investigasi atau melakukan penyelidikan. Hasil eksplorasi nilai karakter religius jujur disiplin peduli dan proaktif menunjukkan kualifikasi membudaya yaitu siswa terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten karena selain sudah ada pemahaman kesadaran dan mendapat penguatan lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25122

Actions (login required)

View Item View Item