Amaliyah, Rifatul (2016) Penerapan model pembelajaran learning cycle 5E berbantuan peta konsep untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Laboratorium UM / Rifatul Amaliyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Amaliyah Rifatul. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Peta Konsepuntuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM.Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. (II) Dr. Umie Lestari M.Si. Kata Kunci Model pembelajaran Learning Cycle 5E peta konsep pemahaman konsep hasil belajar Model pembelajaran Learning Cycle 5Emerupakan suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan dapat melibatkan siswa dalam menemukan konsep yang dipelajari. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan diketahui bahwa penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E belum pernah diterapkan dalam pembelajaran Biologi di SMA Laboratorium UM. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum diterapkannya Model Pembelajaran Learning Cycle 5Esebesar 60-70%. Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran adalah banyak siswa yang pemahaman konsepnya masih kurang sehingga sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Selain itu minat baca siswa juga masih rendah sehingga sangat dibutuhkan solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas. Solusi yang diberikan adalah dengan menerapkan peta konsep dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E. Berdasarkan hal tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Laboratorium UM. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahap yakni (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa (1) lembar observasiketerlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan peta konsep oleh guru dan siswa (2) soal tes essay pemahaman konsep dan (3) soal tes akhir siklus. Analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif terdiri atas (1) reduksi data (2) paparan data dan (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan peta konsep oleh guru dan siswa mengalami peningkatan sebesar 94 23%. Peningkatan tersebut diperoleh dari siklus I sebesar 96 96% menjadi siklus II sebesar 98 33%. Kedua pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan sebesar 6 80%. Peningkatan tersebut diperoleh dari siklus I sebesar 8 23% menjadi siklus II sebesar 8 79%. Ketiga hasil belajar siswa yang terdiri dari tiga aspek mengalami peningkatan. Hasil belajar sikap sosial siswa mengalamai peningkatan sebesar 3 69%. Peningakatan tersebut diperoleh dari siklus I sebesar 83 54% menjadi siklus II sebesar 86 62%. Hasil belajar pengetahuan siswa mengalami peningkatan sebesar 5 74%. Peningkatan tersebut diperoleh dari siklus I sebesar 84 32% menjadi siklus II sebesar 89 16%. Hasil belajar keterampilan siswa mengalami peningkatan sebesar 6 95%. Peningkatan tersebut diperoleh dari siklus I sebesar 83 13% menjadi siklus II sebesar 88 91%. Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan kesimpulan dari penelitian adalah Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Peta Konsep dapat meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25121 |
Actions (login required)
View Item |