Pengembangan modul IPA berbasis konstruktivisme model learning cycle 5E materi energi dalam sistem kehidupan untuk siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Malang / Peni Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul IPA berbasis konstruktivisme model learning cycle 5E materi energi dalam sistem kehidupan untuk siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Malang / Peni Handayani

Handayani, Peni (2016) Pengembangan modul IPA berbasis konstruktivisme model learning cycle 5E materi energi dalam sistem kehidupan untuk siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Malang / Peni Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handayani Peni. 2016. Pengembangan Modul IPA Berbasis Kosntruktivisme Model Learning Cycle 5E Materi Energi dalam Sistem Kehidupan untuk Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Masjhudi M.Pd (II) Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd Kata Kunci Modul IPA Learning cycle 5E Energi dalam Sistem Kehidupan IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains yang dapat diperoleh dengan pembelajaran yang berbasis konstruktivis. Hasil observasi pada SMP Muhammadiyah 6 Malang menunjukkan bahwa kebanyakan siswa kurang terbiasa dengan kegiatan konstruktivis untuk itu perlu dibiasakan terlebih dahulu dengan modul yang membimbing siswa untuk membangun secara mandiri pengetahuannya. Model pembelajaran yang menerapkan konstruktivis salah satunya adalah model learning cycle 5E. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan modul IPA berbasis konstruktivisme model Learning cycle 5E untuk SMP Kelas VII. Modul dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan (1974). Prosedur pengembangan terdiri dari tahap define (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebar luasan produk) namun pada pengembangan modul ini hanya sampai pada tahapan develop saja. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa skor angket penilaian dari validator skor angket penilaian modul oleh siswa dan penilaian hasil belajar siswa. Data kualitatif berupa saran dan komentar dari validator maupun siswa terhadap modul. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi produk angket siswa dan lembar penilaian hasil belajar siswa. Uji coba skala terbatas dilakukan kepada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Malang berjumlah 16 siswa. Hasil pengembangan berupa modul IPA berbasis konstruktivme model learning cycle 5E untuk siswa dan guru yang di dalamnya ada 6 kegiatan belajar. Setiap kegiatan belajar pada modul IPA mengacu pada model pembelajaran learning cycle 5E yaitu kegiatan engagement exploration explanation elaboration dan evaluation. Hasil validasi oleh 3 validator ahli (ahli materi ahli pengembangan modul dan ahli praktisi lapangan) serta siswa (uji coba skala kecil) secara berturut-turut mendapatkan skor sebesar 4.4 dan 4.1 dari skor maksimal 5. Hasil belajar siswa secara klasikal mendapatkan nilai rata-rata 83. Kesimpulan dari hasil uji coba tersebut adalah produk yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Saran berdasarkan hasil pengembangan ini ditujukan kepada peneliti lain agar menggunakan produk ini sebagai inspirasi melakukan berbagai pengembangan. Penggunaan modul sebaiknya diimbangi dengan praktikum sehingga seluruh indikator dalam kompetensi dasar dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25119

Actions (login required)

View Item View Item