Yulianingrum, Elis (2016) Pengaruh ESAR (Engage, Study, Activate, Reflect) terhadap kemampuan analisis dan kemampuan argumentasi ilmiah (scientific argumentation) / Elis Yulianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yulianingrum Elis. 2016. Pengaruh ESAR (Engage Study Activate Reflect) terhadap Kemampuan Analisis dan Kemampuan Argumentasi Ilmiah (Scientific Argumentation). Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Hadi Suwono M. Si. (2) Drs. Sulissetijono M. Si. Kata kunci ESAR (Engage Study Activate Reflect) kemampuan analisis kemampuan argumentasi ilmiah (scientific argumentation). Biologi pada kurikulum 2013 menuntut siswa mampu mengkontruktivis dan membentuk pengetahuannya sendiri (student centered) sehingga membutuhkan kemampuan analisis dan kemampuan argumentasi ilmiah (scientific argumentation). Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai yakni ESAR (Engage Study Activate Reflect). Model ESAR memiliki kelebihan untuk meningkatkan motivasi meningkatkan keaktifan siswa dan membentuk pengetahuan siswa secara utuh sehingga dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh ESAR (Engage Study Activate Reflect) terhadap kemampuan analisis dan kemampuan argumentasi ilmiah (scientific argumentation). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental design). Desain penelitian adalah Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 01 Pagak menggunakan dua kelas yakni kelas kontrol (X MIPA 3) dengan pembelajaran multimetode dan kelas eksperimen (X MIPA 2) dengan pembelajaran ESAR (Engage Study Activate Reflect). Hasil penelitian (data) dianalisis dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ESAR (Engage Study Activate Reflect)berpengaruh terhadap kemampuan analisis dan kemampuan argumentasi ilmiah (scientific arguemntation) siswa. Pembelajaran menggunakan ESAR (Engage Study Activate Reflect)pada kelas eksperimen menghasilkan kemampuan analisis dan kemampuan argumentasi yang lebih baik dibanding kelas kontrol pada siswa. Peningkatan kemampuan analisis siswa pada kelas eksperimen sebesar 72 10% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 9 83%. Sama halnya dengan kemampuan argumentasi ilmiah (scientific argumentation) siswa pada kelas eksperimen sebesar 61 82% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 19 20%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kemampuan analisis memberikan sumbangan sebesar 96 7% dalam menjelaskan pencapaian kemampuan argumentasi ilmiah (scientific argumentation). Mengingat pembelajaran ESAR mampu meningkatkan kemampuan analisis dan argumentasi ilmiah disarankan bagi guru untuk menggunakan ESAR dalam pembelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25118 |
Actions (login required)
View Item |