Pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem transportasi dan sistem respirasi untuk siswa kelas VIII SMP Trimurti 2 Wagir Kabupaten Malang / Fetty Hariyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem transportasi dan sistem respirasi untuk siswa kelas VIII SMP Trimurti 2 Wagir Kabupaten Malang / Fetty Hariyanti

Hariyanti, Fetty (2016) Pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem transportasi dan sistem respirasi untuk siswa kelas VIII SMP Trimurti 2 Wagir Kabupaten Malang / Fetty Hariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fetty Hariyanti. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Sistem Transportasi dan Sistem Respirasi Untuk Kelas VIII SMP Trimurti 2 Wagir Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd (II) Drs. I Wayan Sumberartha M.Sc. Kata Kunci Multimedia Interaktif pendekatan saintifik sistem trasnportasi dan sistem respirasi Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajarannya. Berdasarkan hasil analisis perangkat pembelajaran guru IPA SMP Trimurti 2 Wagir diketahui bahwa sekolah tersebut telah menerapkan kurikulum 2013. Namun proses pembelajaran yang terjadi belum mencerminkan misi kurikulum 2013 yaitu siswa mengkonstruksi sendiri konsep yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini mengembangkandan menguji kelayakan serta keefektifan multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem transportasi dan sistem respirasi untuk kelas VIII SMP Trimurti 2 Wagir Kabupaten Malang. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Lee Owens yang terdiri dari 6 tahapan yaitu analisis kebutuhan analisis awal-akhir desain pengembangan implementasi dan evaluasi formatif. Tingkat keefektifan dilihat nilai post test siswa dan dibandingkan dengan 85% persentase ketuntasan klasikal. Hasil penelitian dan pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 3 70 dengan kriteria valid dan tingkat kepraktisan sebesar 3 50 dengan kriteria tinggi . Persentase jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 90 91% yang melebihi standar ketuntasan klasikal sehingga dapat dikatakan bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25117

Actions (login required)

View Item View Item