Pengembangan media pembelajaran buletin flipbook interaktif berbasis masalah pada prinsip klasifikasi animalia untuk mengembangkan pemahaman konsep dan karakter siswa kelas X MAN Kota Batu / Gupita Laksmi Pinasthika

Pinasthika, Gupita Laksmi (2016) Pengembangan media pembelajaran buletin flipbook interaktif berbasis masalah pada prinsip klasifikasi animalia untuk mengembangkan pemahaman konsep dan karakter siswa kelas X MAN Kota Batu / Gupita Laksmi Pinasthika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pinasthika, G.L. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Buletin Flipbook Interaktif Berbasis Masalah Pada Prinsip Klasifikasi Animalia Untuk Mengembangkan Pemahaman Konsep Dan Karakter Siswa Kelas X MAN Kota Batu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd, (II) Drs. Masjhudi, M.Pd. Kata kunci:buletin flipbook interaktif, pemahaman konsep, karakter Kegunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar sangat penting. Media pembelajaran di MAN Kota Batu menunjukkan adanya kelemahan yaitu kurang bervariasi dan kurang mereprentasikan materi pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk 1) menghasilkan buletin flipbook interakif berbasis masalah pada prinsip klasifikasi animalia siswa kelas X MAN Kota Batu, 2) mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan buletin flipbook interaktif berbasis masalah pada prinsip klasifikasi animalia siswa kelas X MAN Kota Batu. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Four-D dari Thiagarajan, dkk (1974). Tahapan terebut meliputi pendefinisian (define), perancangan(design), pengembangan (develop)dan penyebarluasan (disseminate). Tahap penyerbarluasan (disseminate) tidak dilakukan sehingga dibatasi hingga tahap pengembangan(develop). Buletin flipbook interaktif berisi halaman depan dan halaman utama (salam sapaan, daftar isi, petunjuk penggunaan, fenomena masalah, penyajian materi dan renungan). Pencapaian rerata validitas media sebesar 91,35% dengan kriteria sangat valid, rerata validitas materi sebesar 91,11% dengan kriteria sangat valid. Uji kepraktisan menghasilkan rerata sebesar 89,58% dengan kriteria praktis. Uji keefektifan pada aspek pengetahuan diperoleh pencapaian dengan rerata sebesar 91,43% dengan kriteria sangat efektif. Uji keefektifan pada aspek sikap diperoleh pencapaian dengan rerata sebesar 89%. Buletin flipbook interaktif berbasis masalah pada prinsip klasifikasi animalia yang telah dikembangkan layak, praktis dan efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25116

Actions (login required)

View Item View Item