Studi kasus pengajaran remedial biologi kelas XI A1 dan XI A6 SMAK Kolese Santo Yusup Malang / Indah Nurvita Larasati - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus pengajaran remedial biologi kelas XI A1 dan XI A6 SMAK Kolese Santo Yusup Malang / Indah Nurvita Larasati

Larasati, Indah Nurvita (2016) Studi kasus pengajaran remedial biologi kelas XI A1 dan XI A6 SMAK Kolese Santo Yusup Malang / Indah Nurvita Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Larasati Indah Nurvita. 2016. Studi Kasus Pengajaran Remedial Biologi Kelas XI A1 dan XI A6 SMAK Kolese Santo Yusup Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D (II)Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd Kata Kunci diagnosis prognosis rekomendasi pengajaran remedial Pendidikan erat hubungannya dengan proses belajar karena dengan proses belajar yang berkualitas maka pendidikan yang sudah direncanakan dapat terlaksana dengan optimal. Proses belajar yang telah dilakukan akan dievaluasi sehingga diperoleh hasil belajar. Hasil belajar setiap siswa tidak sama karena dipengaruhi faktor internal dan eksternal. Hasil belajar ini yang menentukan tindak lanjut untuk siswa. Siswa yang hasil belajarnya di bawah kriteria ketuntasan minimal memerlukan tindak lanjut berupa pengajaran remedial. Pengajaran remedial merupakan lanjutan dari tahap diagnosis kesulitan belajar siswa prognosis dan rekomendasi cara mengatasi kesulitan belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi di beberapa sekolah remedial hanya dilakukan dalam bentuk tugas dan tes tanpa adanya penguatan konsep. SMAK Kosayu dipilih menjadi lokasi penelitian melalui wawancara. Pemilihan 2 kelas dalam penelitian bertujuan untuk membandingkan pembelajaran oleh kedua guru Biologi. Berdasarkan hal tersebut dilakukan studi kasus yang bertujuan untuk menganalisis pengajaran remedial secara rinci dan mendalam di SMAK Kosayu. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 bulan. Sumber data berasal dari wawancara observasi dan dokumentasi. Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Instrumen lainnya berupa pedoman wawancara serta lembar observasi pembelajaran. Analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data terdiri dari kredibilitas transferabilitas dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan pada tahap diagnosis bahwa faktor eksternal secara keseluruhan tidak mempengaruhi kesulitan belajar siswa sedangkan faktor internal yang berpengaruh berupa sikap siswa. Tahap ini hanya dilakukan oleh salah satu guru Biologi selaku wali kelas. Tahap prognosis belum dilakukan oleh guru Biologi karena langsung memilih bentuk remedial. Tahap rekomendasi sudah dilakukan dengan memilih bentuk remedial karena alasan sistem sekolah. Remedial dilakukan dalam bentuk tes dan tugas tanpa penguatan konsep. Materi pembelajaran dalam semester pendek belum sesuai dengan teori pengajaran remedial tetapi teknik dan evaluasinya sesuai dengan teori. Berdasarkan hasil penelitian tersebut guru dan sekolah sebaiknya menerapkan tahapan diagnosis prognosis rekomendasi dan pengajaran remedial agar semua siswa dapat tuntas dalam pembelajaran. Kesimpulannya serangkaian tahapan pengajaran remedial oleh guru Biologi belum terlaksana sesuai dengan teori karena adanya sistem SKS sehingga pengajaran remedial dilakukan di semester pendek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25115

Actions (login required)

View Item View Item