Wulandari, Daysi (2016) Pengaruh pembelajaran berbasis proyek dipadu inkuiri terbimbing terhadap kepedulian lingkungan dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 27 Malang pada materi pencemaran lingkungan / Daysi Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wulandari D. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dipadu Inkuiri Terbimbing Terhadap Kepedulian Lingkungan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 27 Malang Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mimien Henie Irawati M.S (II) Drs. I Wayan Sumberartha M.Sc. Kata Kunci Pembelajaran berbasis proyek inkuiri kepedulian lingkungan hasil belajar Pembelajaran berbasis proyek merupakan pembelajaran yang berorientasi pada kerja proyek yang dilakukan para siswa dengan mengumpulkan data pada kehidupan sehari-hari serta mampu mengembangkan kemampuan dan keterampilan belajar siswa. Inkuiri Terbimbing merupakan strategi dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan pengetahuan keterampilan dan karakter siswa dengan cara menyelidiki sesuatu yang diamati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adapnya pengaruh pembelajaran berbasis proyek dipadu inkuiri terbimbing terhadap kepedulian lingkungan dan hasil belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 27 Malang. Metode peneltian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan rancangan randomized control group pretes-postes design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII 2 (kelas eksperimen) dan VII 4 (kelas kontrol) dan sampel berjumlah 70 orang siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes (pretest dan postest) serta menggunakan angket sebelum pembelajaran serta sesudah mempelajaran selesai. Berdasarkan hasil data yang diperoleh diketahui bahwa adanya pengaruh pembelajaran berbasis proyek dipadu inkuiri terbimbing terhadap kepedulian lingkungan dan hasil belajar siswa. Kepedulian lingkungan dan hasil belajar siswa meningkat dikarenakan siswa beriteraksi langsung dengan yang diamati.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25113 |
Actions (login required)
View Item |