Penerapan guided inquiry dipadu project based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dan hasil belajar siswa kelas X lintas minat biologi SMA Negeri 2 Malang / Utaria Mutasam - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan guided inquiry dipadu project based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dan hasil belajar siswa kelas X lintas minat biologi SMA Negeri 2 Malang / Utaria Mutasam

Mutasam, Utaria (2016) Penerapan guided inquiry dipadu project based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dan hasil belajar siswa kelas X lintas minat biologi SMA Negeri 2 Malang / Utaria Mutasam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mutasam Utaria. 2016. Penerapan Guided Inquiry Dipadu Project Based Learning berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Lintas Minat Biologi SMA Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Dra. Eko Sri Sulasmi M.S. Kata Kunci Lintas Minat Guided Inquiry Project Based Learning Lesson Study Kemampuan Metakognitif Hasil Belajar. Lintas minat merupakan program kurikuler yang disediakan untuk meng-akomodasi perluasan pilihan minat bakat dan/atau kemampuan akademik siswa dengan orientasi penguasaan kelompok mata pelajaran keilmuan di luar pilihan minat. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran keterlaksanaan Lesson Study peningkatan kemampuan metakognitif dan peningkatan hasil belajar siswa kelas X lintas minat biologi SMA Negeri 2 Malang. Penelitian dilaksanakan selama 3 siklus dengan 3 kali pertemuan dan 2 kali pelaksanaan LS pada masing-masing siklus. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model dari Kemmis and Mc. Taggartyang terdiri dari tahap perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X lintas minat biologi berjumlah 33 orang siswa. Teknik pengumpulan data dari observasi dokumentasi dan tes. Analisis data dilaksanakan selama dan setelah melaksanakan penelitian meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran lembar monitoring LS kuesioner kesadaran metakognitif dan soal tes akhir siklus. Hasil penelitian adalah keterlaksanaan Guided Inquiry dipadu Project Based Learning(PjBL)pada siklus I-III berturut-turut memiliki persentase keterlaksanaan 78% 92 5% dan 100% dengan kriteria baik dan sangat baik. Keterlaksanaan Lesson Study pada siklus I-III termasuk kriteria sangat terlaksana dengan rerata keterlaksanaan tahap plan do dan see secara berturut-turut dari ketiga siklus adalah 94% 94% dan 92%. Kemampuan metakognitif siswa terdiri dari kesadaran metakognitif dan keterampilan metakognitif. Kesadaran metakognitif siswa dengan kriteria sangat baik meningkat dari 12% pada akhir siklus I mengalami peningkatan menjadi 21% pada akhir siklus II dan menjadi 36% dari total 33 siswa pada akhir siklus III. Keterampilan metakognitif siswa dengan kriteria sangat baik meningkat dari siklus I sebesar 35% menjadi 73% pada siklus II dan meningkat pada siklus III menjadi 88% dari total 33 siswa. Hasil belajar kognitif siswa termasuk dalam kategori tuntas meningkat dari siklus I-III berturut-turut sebanyak 39% 76% dan 94% dari total 33 siswa. Peningkatan rerata nilai hasil belajar afektif pada siklus I-III berturut-turut yakni 64 dengan kriteria cukup 78 dengan kriteria baik dan 95 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan rerata nilai hasil belajar psikomotor pada siklus I sebesar 78 dengan kriteria baik menjadi 97 dengan kriteria sangat baikpada siklus II namun mengalami penurunan pada siklus III menjadi 95 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan penelitian adalah penerapan Guided Inquiry dipadu PjBL berbasis LSdapat meningkatkan kemampuan metakognitif dan hasil belajar siswa kelas X lintas minat biologi SMAN 2 Malang. Saran penelitian adalah guru biologi hendaknya lebih sering memadukan model pembelajaran guru biologi hendaknya memiliki komitmen yang tinggi untuk melaksanakan setiap tahapan kegiatan LS dan melakukan penelitian tindakan kelas yang lain terutama penelitian untuk kelas lintas minat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25112

Actions (login required)

View Item View Item