Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar biologi siswa kelas X4 SMAI Ma'arif Singosari-Malang-Jawa Timur / Humila Ainun Nadhiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar biologi siswa kelas X4 SMAI Ma'arif Singosari-Malang-Jawa Timur / Humila Ainun Nadhiroh

Nadhiroh, Humila Ainun (2016) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar biologi siswa kelas X4 SMAI Ma'arif Singosari-Malang-Jawa Timur / Humila Ainun Nadhiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nadhiroh Humila Ainun. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X4 SMAI Ma arif Singosari. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Murni Saptasari M.Si. (2) Dra. Sunarmi M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran PjBL Keterampilan Metakognitif Hasil Belajar. Proses pembelajaran Biologi di kelas X4 SMAI Al Ma arif Singosari masih cenderung menggunakan metode ceramah yang berpusat pada guru. Model pembelajaran yang diterapkan belum melatih siswa untuk memecahkan suatu permasalahan sesuai dengan langkah kerja ilmiah. Hal ini menyebabkan pemberdayaan proses berpikir siswa masih lemah dan hasil belajar siswa kurang memuaskan.Pemberdayaan proses berpikir berkaitan erat dengan keterampilan metakognitif yang akan membantu siswa menjadi pebelajar mandiri. Keterampilan metakognitif akan berdampak pada ketercapaian hasil belajar yang memuaskan. Berdasarkan uraian tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa kelas X4 SMAI Al Ma arif Singosari. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tahap penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan non tes. Teknis tes dengan pemberian soal tes akhir silklus sedangkan teknik non tes dengan lembar observasi catatan lapangan wawancara dan dokumentasi. Keterlaksanaan pembelajaran PjBL diukur dengan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Keterampilan metakognitif diukur dengan lembar kuesioner metakognitif O Neil Abedi serta tes Essay menggunakan rubrik metakognitif oleh Corebima. Hasil belajar diukur dengan soal tes akhir siklus lembar penilaian proyek lembar penilaian sikap dan lembar asesmen kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa meningkat melalui model pembelajaran PjBL. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari kenaikan persentase keterampilan metakognitif dan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Keterampilan metakognitif siswa berdasarkan hasil kuesioner sebesar 65 04% meningkat sebanyak 4 14% menjadi 69 18% pada siklus II. Keterampilan metakognitif yang diukur melalui tes Essay menggunakan rubrik metakognitif sebesar 56 68% meningkat sebanyak 3 74%menjadi 60 42%.pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa klasikal ranah pengetahuan dari 56 25% meningkat sebesar 18 75% menjadi 75 00% ranah sikap yaitu 75 00% meningkat sebesar 6 25% menjadi 81 25% ranah keterampilan yaitu 75 00% meningkat sebesar 9 37% menjadi 84 37%. Kesimpulan yaitu penerapan model pembelajaran PjBL dapat menngkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa kelas X4 SMAI Al Ma arif Singosari. Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran bahwa penerapan model PjBL membutuhkan persiapan yang matang dan kemampuan pengelolaan kelas dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25109

Actions (login required)

View Item View Item