Indariswati, Ayun (2016) Pengaruh mind mapping dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar biologi pada siswa kelas X SMAN 1 Singosari / Ayun Indariswati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Indariswati Ayun. 2016. Pengaruh Mind Mapping dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas X SMAN 1 Singosari. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Murni Saptasari M.Si. (2) Dra. Sunarmi M.Pd Kata Kunci Mind Mapping Inkuiri Terbimbing Keterampilan Metakognitif Hasil Belajar Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menentukan kualitas hidup suatu bangsa. Melalui pendidikan masyarakat diharapkan dapat menghadapi kehidupan di abad 21 yang menuntut masyarakat produktif kreatif inovatif dan mandiri melalui penguatan sikap pengetahuan dan keterampilan. Kompetensilainyang diharapkandapattercapaimelaluiproses pembelajaranadalahtercapainyaKeterampilanMetakognitifsiswayaitukesadaransiswaterhadapsesuatu yang dipikirkannyadantercapaipeningkatanhasil belajarBiologi.Salah satucarayang diharapkanmampumeningkatkankompetensitersebutadalahmelalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitiandilakukanuntukmengetahuipengaruhmind mapping melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadapKeterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Singosaridengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Singosari tahun ajaran 2015/2016. Sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas siswa kelas X IPA E dan X IPA F SMA Negeri 1 Singosari. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian menggunakan non equivalent group design. Analisis yang digunakan adalah analisis anakova dan Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mind mapping melalui model pembelajaran inkuiri terbimbingmemberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar ranah pengetahuan sikap dan keterampilan siswa tetapi tidakmemberikanpengaruh yang signifikanterhadapketerampilanmetakognitif. Rerata terkoreksi keterampilan metakognitif kelas eksperimen lebih tinggi 1 356% daripada kelas kontrol. Rerata terkoreksi hasil belajar pengetahuan berbeda nyata dengan kelas kontrol yaitu rerata terkoreksi kelas eksperimen sebesar 77 351dan kelas kontrol sebesar 72 756. Hasil belajar ranah sikap menunjukkan hasil Independent sample t-test yang memiliki nilai signifikansi 0 013. Hasil belajar ranah keterampilan menunjukkan hasil Independent sample t-test yang memiliki nilai signifikansi 0 012.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25108 |
Actions (login required)
View Item |