Pengaruh inkuiri terstruktur berbasis SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite and Review) terhadap pemahaman membaca (reading comprehension) dan hasil belajar kognitif siswa di SMP Negeri 19 Malang / Fatimah Dewi Ratna Swari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh inkuiri terstruktur berbasis SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite and Review) terhadap pemahaman membaca (reading comprehension) dan hasil belajar kognitif siswa di SMP Negeri 19 Malang / Fatimah Dewi Ratna Swari

Swari, Fatimah Dewi Ratna (2016) Pengaruh inkuiri terstruktur berbasis SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite and Review) terhadap pemahaman membaca (reading comprehension) dan hasil belajar kognitif siswa di SMP Negeri 19 Malang / Fatimah Dewi Ratna Swari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Swari Fatimah Dewi Ratna. 2016. Pengaruh Inkuiri Terstruktur Berbasis SQ4R (survey question read reflect recite and review) terhadap Pemahaman Membaca (reading comprehension) dan Hasil Belajar Kognitif Siswa di SMP Negeri 19 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Murni Sapta Sari M.Si (2) Dra. Susilowati M.S Kata Kunci inkuiri terstuktur SQ4R pemahaman membaca hasil belajar Pembelajaran IPA Terpadu diterapkan di Indonesia sejak diterapkannya kurikulum 2013. Pembelajaran IPA terpadu merupakan pembelajaran yang dipandang sebagai proses dan hasil sehingga pemilihan strategi atau model pembelajaran yang tepat diperlukan untuk proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Permasalahan dalam pembelajaran IPA Terpadu di SMP Negeri 19 Malang adalah proses pembelajaran yang dilakukan belum sepenuhnya sesuai dengan kurikulum 2013. Pembelajaran masih berpusat pada guru karena masih menggunakan metode ceramah dan diskusi. Ketika guru mengajukan pertanyaan sederhana tentang materi siswa jarang ada yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Hal ini menunjukkan siswa belum membaca buku ketika proses pembelajaran dan tidak paham dengan materi yang akan diajarkan. Selain itu siswa kelas VIII yang mengunjungi perpustakaan setiap tahun ajaran baru hanya 30% dari total 340 siswa. Buku yang paling banyak dipinjam hanya novel dan komik. Jarang ada yang meminjam buku atau bacaan tentang IPA. Hal ini menunjukkan kemampuan membaca IPA belum dikembangkan dengan baik dan berdampak pada hasil belajar yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terstuktur berbasis SQ4R terhadap pemahaman membaca dan hasil belajar kognitif siswa dan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman membaca dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Malang. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terstuktur berbasis SQ4R sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah dan diskusi). Analisis data menggunakan analisis kovarian dan analisis regresi linier yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Keterlaksanaan pembelajaran diukur menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa pada kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh inkuiri terstuktur berbasis SQ4R terhadap pemahaman membaca siswa (Sig. 0 00 0 05) dan berbeda nyata secara signifikan (2) ada pengaruh inkuiri terstuktur berbasis SQ4R terhadap hasil belajar kognitif siswa (Sig. 0 00 0 05) dan berbeda nyata secara signifikan (3) ada hubungan antara pemahaman membaca dan hasil belajar kognitif siswa (Sig. 0 00

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25106

Actions (login required)

View Item View Item