Saifudin, Afif (2016) Penerapan model pembelajaran inkuiri terstruktur dipadu STAD untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIA SMAN 1 Singosari / Afif Saifudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Saifudin Afif. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Dipadu STAD untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XIMIA SMAN 1 Singosari. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Susriyati Mahanal M. Pd. (2) Siti Imroatul Maslikah S. Si M. Si. Kata kunci Inkuiri STAD Kreativitas Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas XI MIA 1 SMAN 1 Singosari diketahui bahwa kreativitasdan hasil belajar siswa tergolong masih rendah. Kreativitas yang rendah ditunjukkan dengan pertanyaan yang diajukan siswa masih tergolong tingkat kognitif rendah. Demikian juga hasil ulangan harian bab 1 menunjukkan sebagian besar siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan. Hal yang menjadi permasalahan adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Guru hanya menerapkan model ceramah dan sesekali diskusi. Salah satu pembelajaran yang dapat memperbaiki kreativitas dan hasil belajar siswa adalah model inkuiri dipadu STAD. Inkuiri memberi kesempatan siswa untuk mengembangkan ide kreatif yang dimiliki. STAD adalah pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Perpaduan antara inkuiri dan STAD diharapkan mampu meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 semester genap tahun ajaran 2015-2016 SMAN 1 Singosari dengan jumlah 36 siswa. Penelitian siklus 1 dilakukan pada materi Sistem Pernapasan dan siklus 2 dilakukan pada materi Sistem Koordinasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran soal tes setiap akhir siklus dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran mengalami pening-katan sebesar 13 54% dari siklus 1 sebesar 80 33% menjadi 93 87%. Kreativitas siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 75% menjadi 88% pada siklus 2. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus 1 sebesar 68% meningkat menjadi 86% pada siklus 2. Kesimpulan yang dapat diambil adalah penerapan pembelajaran inkuiri terstruktur dipadu STADdapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas XI MIA 1 SMAN 1 Singosari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25104 |
Actions (login required)
View Item |