Pengembangan perangkat pembelajaran model Project Based Learning (PJBL) untuk mendukung program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) kelas X IPA SMA Negeri 1 Singosari / Imam Fikry Fanani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran model Project Based Learning (PJBL) untuk mendukung program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) kelas X IPA SMA Negeri 1 Singosari / Imam Fikry Fanani

Fanani, Imam Fikry (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran model Project Based Learning (PJBL) untuk mendukung program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) kelas X IPA SMA Negeri 1 Singosari / Imam Fikry Fanani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fanani Imam Fikry. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) untuk Mendukung Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Kelas X IPA SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi JurusanBiologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati MS. (II) Dr. Susilowati M.S. Kata Kunci perangkat pembelajaran PjBL program KRPL Program KRPL merupakan salah satu program pemerintah yang memegang peranan penting dalam mewujudkan kemandirian pangan masyarakat.Program KRPL ini dapat dikenalkan di lingkungan sekolah dalam rangka menumbuhkan kesadaran untuk cinta terhadap lingkungan terutama pada siswa. Namun perangkat pembelajar-an untuk mengenalkan program KRPL ini masih belum ada. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pengembangan perangkat pembelajaran Biologi dalam mendukung program KRPL di lingkungan sekolah. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan dan menguji produk perangkat pembelajaran model PjBL dalam mendukung program pemerintah tentang KRPL untuk siswa kelas X IPA. Uji produk pengembangan terdiri dari uji kevalidan uji kepraktisan dan uji kefektifan pada perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D Thiagarajan (1974) yang dibatasi sampai tahap develop dan terdiri dari tahap define design dan develop. Hasil analisis data kevalidan perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa silabus memiliki rata-rata nilai persentase sebesar 93 3% oleh ahli materi 95 8% oleh ahli perangkat pembelajaran dan 96 1% oleh praktisi lapangan. RPP memiliki rata-rata nilai persentase sebesar 98 3% oleh ahli materi 97 2% oleh ahli perangkat pembelajaran dan 94 3% oleh praktisi lapangan. LKS memiliki rata-rata nilai per-sentase sebesar 92 6% oleh ahli materi 95 5% oleh ahli perangkat pembelajaran dan 94 6 % oleh praktisi lapangan. Instrumen penilaian hasil belajar kognitif memiliki rata-rata nilai persentase sebesar 86% oleh ahli materi 88 % oleh ahli perangkat pembelajaran dan 96 % oleh praktisi lapangan. Instrumen penilaian hasil belajar afektif memiliki rata-rata nilai persentase 96 5 % oleh ahli materi 98 2 % oleh ahli perangkat pembelajaran dan 89 7 % oleh praktisi lapangan. Instrumen penilaian hasil belajar psikomotorik memiliki rata-rata nilai persentase 100 % oleh ahli materi 100 % oleh ahli perangkat pembelajaran dan 89 % oleh praktisi lapangan. Selain itu instrumen penilaian kognitif dinyatakan sangat valid secara konstruk dan isi oleh ahli evaluasi. Hasil analisis data kepraktisan perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa rata-rata nilai persentase keterlaksanaan sintaks pembelajaran sebesar 92 1 % dan rata-rata kepraktisan perangkat pembelajaran sebesar 95 3 % . Hasil analisis data keefektifan perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa kecenderungan peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 2 4 berdasarkan skor tes kognitif. Rata-rata nilai persentase hasil belajar afektif pada pertemuan 1 sebesar 83 2 % pertemuan 2 sebesar 81 9% pertemuan 3 sebesar 79 3% pertemuan 5 sebesar 84 4% dan pertemuan 5 sebesar 83 1 %. Rata-rata nilai persentase hasil belajar psikomotorik sebesar 92 8 % pada pertemuan 1 pertemuan 2 sebesar 85 1% pertemuan 3 sebesar 89 8% per-temuan 4 sebesar 90 6 % dan pertemuan 5 sebesar 90 8 %. Selain itu siswa mem-berikan respon positif terhadap penerapan produk perangkat pembelajaran sebesar 81 1% dan rata-rata hasil aktifitas keaktifan siswa sebesar 91 2 %. Berdasarkan hasil analisis data tersebut produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kategori sangat valid sangat praktis dan sangat efektif. Oleh karena itu perangkat pembelajaran ini disarankan bahwa perlu dikaji lebih lanjut dan diseminasi secara lebih luas sehingga bisa dimanfaatkan oleh berbagai pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25103

Actions (login required)

View Item View Item