Wenda, Whi Whan (2016) Penerapan model problem based learning dipadu teams games tournament untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, pemahaman konsep, sikap sosial dan ketrampilan siswa kelas VIII B SMP Negeri 13 Malang / Whi Whan Wenda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wenda Whi Whan. 2016. Penerapan Model Problem Based LearningDipadu Teams Games TournamentUntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritis Pemahaman Konsep Sikap Sosial Dan Keterampilan SiswaKelasVIIIB SMPNegeri13 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (II)Dr. Murni Sapta Sari M.Si. Kata Kunci Problem Based Learning Teams Games Tournament kemampuan berpikir kritis pemahaman konsep sikap sosial keterampilan Pembelajaran yang diterapkan pada Kurikulum 2013 ditekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis kebebasan dalam berpikir serta membangun kepercayaan diri dalam mengajukan masalah atau pertanyaan serta mencari pemecahannya. Melalui hal tersebut diharapkan siswa memiliki kompetensi sikap keterampilan dan pengetahuan jauh lebih baik. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa guru sudahpernah menerapkan model pembelajaran kooperatif namun guru masih mendominasi dalam pembelajaran sehingga hasilnya kurang maksimal. Hal ini menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dan berpengaruh terhadap persentase ketuntasan belajar pemahaman konsep sikap sosial dan keterampilan siswa. Berdasarkan hal tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pemahaman konsep sikap sosial dan keterampilan siswakelas VIIIB SMP Negeri 13 Malang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi soal tes berpikir kritis dan soal tes akhir siklus. Analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif terdiri dari reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL dipadu TGTdapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis 6 1% dari 76 5%menjadi 82 6%. Ketuntasan belajar pemahaman konsep meningkat 8 8% dari 85 3%menjadi 94 1%. Sikap sosial meningkat 3 3% dari 88 9%menjadi 92 2%. Keterampilan meningkat 3 2% dari 85 1%menjadi 88 3%. Berdasarkan paparan data hasil penelitian dan pembahasan dari penelitian ini guru diharapkan mampu memotivasi siswa untuk belajar memberikan perhatian secara menyeluruh kepada semua siswa sehingga tidak berfokus kepada siswa yang aktif saja memberikan permasalahan yang lebih kontekstual lebih memperhatikan alokasi waktu danmengkombinasikan antara PBL dipadu TGT dengan media yang dapat memudahkan siswa memahami materi misalnya video dan slide maupun media interaktif. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu penerapan model PBL dipadu TGT dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pemahaman konsep sikap sosial dan keterampilan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25101 |
Actions (login required)
View Item |