Hubungan pemanfaatan jejaring sosial sebagai sumber belajar dengan persepsi siswa di SMA Negeri 7 Malang / Fitriatul Azima - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pemanfaatan jejaring sosial sebagai sumber belajar dengan persepsi siswa di SMA Negeri 7 Malang / Fitriatul Azima

Azima, Fitriatul (2011) Hubungan pemanfaatan jejaring sosial sebagai sumber belajar dengan persepsi siswa di SMA Negeri 7 Malang / Fitriatul Azima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pemanfaatan jejaring sosial Sumber Belajar Persepsi siswa. Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar membuat para siswa lebih mudah dalam menggali informasi yang dibutuhkan. Dengan menggunakan alat bantu berbasis teknologi dengan media elektronik sangat umum digunakan dalam dunia pendidikan. Salah satu sumber belajar berbasis internet menjadi sumber belajar yang cukup digemari sekarang ini. Selain berfungsi sebagai sumber informasi melalui situs-situs yang menyediakan beragam materi internet adalah media diskusi ilmiah online. Dengan internet diskusi yang diadakan dapat berlangsung kapan saja dan oleh siapa saja walaupun tidak berada dalam satu lokasi. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pembelajaran di SMA Negeri 7 malang telah menggunakan internet dalam pembelajaran guru menggunakan sarana group facebook yang membahas tugas dengan cara mengunggah foto dalam group tersebut dan dibahas bersama-sama pada group chatting. Tidak hanya itu siswa juga mengunduh materi pelajaran melalui open source. Dilihat dari uraian diatas maka diketahui bahwa keberadaan internet memiliki peranan dalam meningkatkan persepsi siswa maksudnya adalah pemanfaatan internet tidak hanya memberikan pengaruh. Dalam kaitannya dengan persepsi siswa terhadap hasil belajar maka sejauh siswa tersebut memanfatkan internet untuk menunjang kegiatan belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan 1) Mengetahui prosentase pemanfaatan jejaring sosial pada mata pelajaran matematika 2) Mengetahui hubungan pemanfaatan jejaring sosial dengan persepsi siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam hal ini peneliti menggunakan instrument. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson untuk mengetahui keeratan pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Reliabilitas untuk menunjukkan keakuratan kestabilan dan kekonsistenan dalam menghasilkan suatu pengukuran instrumen. Untuk mengetahui hubungan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan persepsi hasil belajar menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 16 for windows. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa prosentase pemanfaatan internet sebagai sumber belajar di SMA Negeri 7 Malang dilihat dari variabel internet sebagai alat informasi (X1) 46% internet membantu dalam belajar (X2) 50% siswa sebagai subjek belajar (X3) 40% waktu akses (X4) 38% dan (X5) 44%. Dan disimpulkan bahwa hubungan antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar di SMA Negeri 7 Malang telah terbukti dengan ii menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan mengambil taraf signifikasi ( 945 ) sebesar 5% maka dari tabel distribusi F didapat nilai F tabel untuk F0.05 1 48 0 273. Karena 27 390 0 273 maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan secara linier antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan persepsi siswa terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item