Pengembangan buku petunjuk praktikum pembuatan biogas berbasis group investigation untuk siswa kelas X MIA di SMA di SMA Negeri 8 Malang guna mendukung Program Kawasan Rumah Pangan Lestari / Lely Mardiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku petunjuk praktikum pembuatan biogas berbasis group investigation untuk siswa kelas X MIA di SMA di SMA Negeri 8 Malang guna mendukung Program Kawasan Rumah Pangan Lestari / Lely Mardiyanti

Mardiyanti, Lely (2016) Pengembangan buku petunjuk praktikum pembuatan biogas berbasis group investigation untuk siswa kelas X MIA di SMA di SMA Negeri 8 Malang guna mendukung Program Kawasan Rumah Pangan Lestari / Lely Mardiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mardiyanti Lely. 2016. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Pembuatan Biogas Berbasis Group Investigation untuk Siswa Kelas X MIA di SMA Negeri 8 Malang guna Mendukung Program Kawasan Rumah Pangan Lestari. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati Al Muhdhar M.S. dan (II) Dra. Hj. Susilowati M.S. Kata Kunci Buku petunjuk praktikum pendidikan lingkungan biogas group investigation KRPL Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dapat diimplementasi-kan di sekolah sebagai pendidikan lingkungan. Hasil observasi pembelajaran menunjukkan siswa kelas X di SMA Negeri 8 Malang menyukai kegiatan proyek dan investigasi yang dilakukan secara berkelompok. Berdasarkan hasil angket kebutuhan siswa kegiatan praktikum biologi tidak selalu disertai dengan buku petunjuk praktikum. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) mengembangkan dan menghasilkan produk berupa buku petunjuk praktikum pembuatan biogas berbasis group investigation untuk siswa kelas X MIA di SMA Negeri 8 Malang guna mendukung program KRPL (2) mengetahui tingkat validitas produk (3) mengetahui tingkat keefektifan produk dan (4) mengetahui tingkat kepraktisan produk. Prosedur pengembangan menggunakan model ADDIE (Analyze Design Develop Implement dan Evaluate) yang dilakukan sampai tahap pengembangan untuk materi perubahan lingkungan/iklim dan daur ulang limbah. Data yang diperoleh berupa skor validitas hasil belajar siswa skor kepraktisan saran dan tanggapan. Buku petunjuk praktikum dinyatakan layak berdasarkan hasil uji validitas kepraktisan dan keefektifan. Hasil validitas buku petunjuk praktikum oleh ahli materi ahli bahan ajar dan praktisi lapangan sebesar 91 3% (sangat valid) 91 7% (sangat valid) dan 90% (valid). Hasil kepraktisan konstruk dan materi diperoleh sebesar 94% (sangat praktis) dan 85% (praktis). Hasil kepraktisan berdasarkan angket respon sebesar 83 3% (praktis) dan 86% (praktis) pada uji coba satu lawan satu 82 6% (praktis) pada uji coba kelompok kecil 84 6% (praktis) dan 84 7% (praktis) pada uji coba lapangan. Keefektifan dilihat dari hasil tes siswa yang meningkat dalam taraf sedang dan hasil belajar siswa mencapai 8805 nilai minimal 75. Saran untuk perbaikan juga didapatkan dari seminar hasil. Hasil akhir produk berupa buku tercetak yang mengalami 3 kali revisi. Pemanfaatan produk dapat dijadikan sebagai suplemen pendidikan lingkungan sebaiknya dibelajarkan dengan model GI dan digester yang dipakai sesuai dengan yang tercantum didalamnya. Diseminasi produk sebaiknya dalam bentuk softfile pada sekolah berbudaya lingkungan dan melalui artikel dan jurnal internasional/nasional workshop MGMP serta seminar. Pengembangan buku petunjuk praktikum lebih lanjut dapat dilengkapi dengan cara mengolah limbah hasil pembuatan biogas menjadi kompos instrumen penilaian kerja praktikum meneruskan pengembangan ke tahap implementasi dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25097

Actions (login required)

View Item View Item