Pengaruh pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap karakter, metakognitif, dan hasil belajar siswa kelas XI MIA di SMAN 02 Batu pada materi Koodinasi Manusia / Novia Sigma Amalina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap karakter, metakognitif, dan hasil belajar siswa kelas XI MIA di SMAN 02 Batu pada materi Koodinasi Manusia / Novia Sigma Amalina

Amalina, Novia Sigma (2016) Pengaruh pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap karakter, metakognitif, dan hasil belajar siswa kelas XI MIA di SMAN 02 Batu pada materi Koodinasi Manusia / Novia Sigma Amalina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalina N. S. 2016. Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Karakter Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA di SMA Negeri 02 Batu Pada Materi Sistem Koordinasi Pada Manusia. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M. Pd. (II) Nuning Wulandari S. Si. M. Si. Kata Kunci PjBL karakter metakognitif hasil belajar Siswa kelas XI MIA SMAN 02 mengungkapkan bahwa implementasi karakter belum dilaksanakan dengan baik dalam pembelajaran di sekolah. Siswa tidak bisa mengembangkan metakognitif melalui pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa belum memuaskan pada matapelajaran Biologi. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui pengaruh pembelajaran PjBL terhadap karakter siswa (2) mengetahui pengaruh pembelajaran PjBL terhadap metakognitif siswa dan (3) mengetahui pengaruh pembelajaran PjBL terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 02 Batu. Pembelajaran PjBL memiliki kelebihan yaitu dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk merencanakan mengorganisasi mengumpulkan informasi menyelesaikan masalah mengelola waktu saat mengerjakan tugas terampil dalam membuat proyek serta mengevaluasi. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest non-equivalent control group design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah PjBL variabel terikat meliputi karakter yang diakses berdasarkan lembar observasi dan penilaian diri metakognitif diakses melalui pretest dan posttest yang terintegrasi dengan rubrik keterampilan metakognitif serta hasil belajar pengetahuan berdasarkan penilaian LKS dan hasil belajar keterampilan siswa melalui lembar observasi keterampilan siswa. Instrumen penelitian yang sudah dibuat kemudian divalidasi terlebih dahulu sebelum digunakan. Analisis data diawali dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Data yang normal dan homogen akan dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu uji anakova dengan signifikasi 0 5% dan dilanjutkan dengan uji BNT (uji LSD) dengan program SPSS 16.0 for windows . Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter siswa kelompok kelas eksperimen berdasarkan observasi 10 08% lebih baik dan karakter berdasarkan penilaian diri 7 24% lebih baik daripada kelompok kelas kontrol. Metakognitif siswa kelompok kelas eksperimen 6 05% lebih baik daripada kelompok kelas kontrol. Hasil belajar pengetahuan siswa kelompok kelas eksperimen 3 09% lebih baik daripada kelompok kelas kontrol. Hasil belajar keterampilan siswa kelompok kelas eksperimen 4 03% lebih baik daripada kelompok kelas kontrol. Pembelajaran PjBL terbukti berpengaruh terhadap karakter metakognitif dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25094

Actions (login required)

View Item View Item