Pengembangan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran biologi materi Sistem Respirasi pada Manusia KD 3.8 di SMA Laboratorium UM / Siti Nur Arifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran biologi materi Sistem Respirasi pada Manusia KD 3.8 di SMA Laboratorium UM / Siti Nur Arifah

Arifah, Siti Nur (2016) Pengembangan multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran biologi materi Sistem Respirasi pada Manusia KD 3.8 di SMA Laboratorium UM / Siti Nur Arifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifah Siti Nur. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi Materi Sistem Respirasi pada Manusia KD 3.8 di SMA Laboratorium UM. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Triastono Imam Prasetyo M. Pd (II) Dr. Sri Rahayu Lestari M. Si. Kata Kunci multimedia interaktif Problem Based Learning (PBL) sistem respirasi manusia. SMA Laboratorium UM merupakan salah satu sekolah swasta di Kota Malang yang sudah menggunakan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi diketahui bahwa hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM pada materi sistem respirasi hanya 65% dari 85% yang harus dicapai. Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa diketahui bahwa kesulitan belajar ini disebabkan karena siswa hanya dapat membayangkan saja apa yang dikatakan oleh guru. Siswa juga lebih menyukai adanya studi kasus atau pemberian suatu permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari daripada hanya belajar secara teori saja. Salah satu model pembelajaran yang dapat memfasilitasi keinginan siswa dan merupakan salah satu model yang digunakan pada Kurikulum 2013 yaitu model Problem Based Learning (PBL). Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem respirasi sehingga dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep materi sistem respirasi pada manusia. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model Lee and Owen (2004) dengan langkah-langkah yaitu analisis (analysis) desain (design) dan pengembangan dan implementasi (development and implementation). Tahap analisis terdiri dari analisis kebutuhan yang berkaitan dengan tingkat kebutuhan multimedia dalam pembelajaran dan analisis awal-akhir. Pada tahap desain dihasilkan draft spesifikasi desain produk yang dikembangkan. Pada tahap pengembangan dan implementasi (development and implementation) terdapat tahap validasi oleh 3 validator yaitu ahli materi ahli media dan praktisi lapangan untuk mengetahui tingat kevalidan. Implementasi dilakukan dengan uji coba kelompok kecil untuk mengetahui kepraktisan produk dan kelompok besar untuk mengetahui keefektifan produk. Persentase rata-rata dari validasi oleh validator ahli materi ahli media dan praktisi lapangan yaitu berturut-turut 93 81% 91 26% 91 47% yang memenuhi kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil untuk menilai kepraktisan produk diperoleh persentase 91 47% yang memenuhi kriteria sangat praktis. Berdasarkan n-gain score yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest uji coba kelompok besar diperoleh nilai 0 73 yang memenuhi kriteria efektifitas tinggi. Setelah dilakukan revisi terhadap produk berdasarkan saran dari validator maka produk multimedia yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25093

Actions (login required)

View Item View Item