Pengembangan media interaktif mobile learning berbasis pendidikan karakter pada materi sistem respirasi manusia untuk siswa kelas XI MIA SMA / Nur Asmaul Khusna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media interaktif mobile learning berbasis pendidikan karakter pada materi sistem respirasi manusia untuk siswa kelas XI MIA SMA / Nur Asmaul Khusna

Khusna, Nur Asmaul (2016) Pengembangan media interaktif mobile learning berbasis pendidikan karakter pada materi sistem respirasi manusia untuk siswa kelas XI MIA SMA / Nur Asmaul Khusna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khusna N. A. 2016. Pengembangan Media Interaktif Mobile Learning Berbasis Pendidikan Karakter pada Materi Sistem Respirasi Manusia untuk Siswa Kelas XI MIA SMA. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M. Pd (II) Siti Imroatul Maslikah S.Si M.Si. Kata Kunci media interaktif mobile learning pendidikan karakter Tujuan pendidikan Nasional adalah untuk mengembangkan siswa yang unggul dan berkarakter. Pelaksanaan pendidikan karakter di SMAN 1 Kepanjen belum terintegrasi dalam mata pelajaran Biologi karena media yang digunakan guru hanya menekankan aspek kognitif. Sebesar 69 44% siswa menyatakan pembelajaran Biologi terasa membingungkan dan membosankan karena media kurang interaktif. Solusinya adalah dengan mengembangkan media interaktif mobile learning berbasis pendidikan karakter yang dapat digunakan untuk belajar di manapun dan kapanpun. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media yang layak praktis dan efektif. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Jenis data penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang diperoleh dari ahli media praktisi lapangan dan siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif-kuantitatif. Hasil uji kelayakan media termasuk kriteria sangat valid dengan perolehan persentase oleh ahli media sebesar 92 10% ahli materi sebesar 92 18% dan ahli praktisi lapangan sebesar 96 29%. Hasil uji kepraktisan pada kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 91 50% dan kelompok besar sebesar 95 61%. Media interaktif efektif untuk pembelajaran. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif sebesar 91 67% dengan perolehan nilai rata-rata 85 42. Hasil belajar afektif siswa termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil observasi menunjukkan nilai rata-rata karakter rasa ingin tahu sebesar 87 88 karakter disiplin sebesar 88 96 karakter tanggung jawab sebesar 88 25 dan karakter peduli lingkungan sebesar 88 19. Hasil penilaian diri (self asesment) menunjukkan nilai rata-rata karakter religius sebesar 91 72 karakter rasa ingin tahu sebesar 87 80 karakter disiplin sebesar 92 86 karakter tanggung jawab sebesar 90 74 dan karakter peduli lingkungan sebesar 93 98. Nilai rata-rata hasil belajar psikomotor sebesar 88 25. Kesimpulan secara keseluruhan media interaktif sangat layak/valid sangat praktis dan sangat efektif untuk kegiatan pembelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25092

Actions (login required)

View Item View Item