Puspitasari, Yeni (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran biologi SMA kelas X pada materi klasifikasi hewan invertebrata melalui model pembelajaran PBL terintegrasi pendidikan berkarakter untuk meningkatkan hasil belajar siswa / Yeni Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Puspitasari Yeni. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran SMA Kelas X Pada Materi Klasifikasi Hewan Invertebrata Melalui Model Pembelajaran PBL Terintegrasi Pendidikan Berkarakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M.Pd (2) Drs. Masjhudi M.Pd. Kata Kunci perangkat pembelajaran klasifikasi hewan invertebrata PBL pendidikan berkarakter hasil belajar Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi kelas X di SMAN 10 Malang pada tanggal 9 dan 10 Nopember 2015 menunjukkan bahwa perangkat yang digunakan pada materi klasifikasi hewan invertebrata masih belum sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013 dan materi klasifikasi hewan invertebrata termasuk materi yang sulit dipahami siswa sehingga ketuntasan siswa pada materi klasifikasi hewan invertebrata sebesar 50%. Oleh karena itu perlu adanya upaya pengembangan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa yaitu pengembangan perangkat pembelajaran pada materi klasifikasi hewan invertebrata melalui model pembelajaran PBL yangterintegrasi pendidikan berkarakter.Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) mengembangkan perangkat pembelajaran biologi SMA kelas X pada materi klasifikasi hewan invertebrata melalui model pembelajaran PBL terintegrasi pendidikan berkarakter untuk meningkatkan hasil belajar siswa (2) mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan (3) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran yang dihasilkan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan (1974) namun hanya dilakukan sampai tahap Develop. Hasil penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor hasil validasi perangkat pembelajaran skor uji kepraktisan dan skor hasil belajar siswa. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran. Uji coba perangkat pembelajaran dilakukan di kelas MIPA 6-F2 SMAN 10 Malang dengan siswa sejumlah 30 siswa. Uji coba perangkat pembelajaran ini juga digunakan sebagai uji kepraktisan dan uji keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil validasi perangkat pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan kriteria yang sangat valid. Secara rinci hasil validasi perangkat pembelajaran berupa silabus RPP instrumen penilaian Hand Out dan LKS secara berturut-turut sebagai berikut 98 71% 100% 98 06% 98 50% dan 99 04%. Hasil uji kepraktisan melalui angket keterlaksanaan pembelajaran sebesar 92 5% dan kepraktisan untuk Hand out 86 33% dan LKS 84 20%. Hasil uji keefektifan untuk ketuntasan belajar aspek pengetahuan secara klasikal sudah mencapai nilai sebesar 90% untuk rerata nilai aspek sikap spiritual sikap sosial dan keterampilan secara berturut-turut yaitu 87 67 88 39 dan 89 54. Hasil tersebut menunjukkan kriteria ketercapaian yang sangat baik. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25091 |
Actions (login required)
View Item |