Pengaruh strategi pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir kritis, dan retensi belajar biologi siswa SMA di Kota Malang / Binti Hifdhotun al Aslahah

Al Aslahah, Binti Hifdhotun (2016) Pengaruh strategi pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir kritis, dan retensi belajar biologi siswa SMA di Kota Malang / Binti Hifdhotun al Aslahah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Al Aslahah, BintiHifdhotun. 2016. PengaruhStrategiPembelajaranGroup Investigation terhadapKeterampilanMetakognitif, KemampuanBerpikirKritis, danRetensiHasilBelajarBiologiSiswaKelas X Di SMA Kota Malang. Skripsi, JurusanBiologi, FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Prof.Dra. HerawatiSusilo, M.Sc, Ph. D., (II) Drs. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd. Kata Kunci:keterampilanmetakognitif, kemampuanberpikirkritis, retensi, strategipembelajaranGroup Investigation Berdasarkanhasilwawancaradanobservasi, keterampilanmetakognitifdankemampuanberpikirkritissiswakelas X SMA khususnya di SMAN 10 tergolongrendah. Hal inidisebabkankarenaketerampilanberpikirbelumdiberdayakan di sekolahsertaaktivitassiswa yang masihrendah.Rendahnyaaktivitassiswaberdampakpadapembelajaran yang dialamisiswakurangbermakna, sehinggasiswamudahlupadenganhal yang dipelajarinya.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhstrategipembelajaranGroup Investigation (GI) terhadapketerampilanmetakognitif, kemampuanberpikirkritis, danretensihasilbelajarkognitifBiologisiswa SMA di Kota Malang. Jenispenelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemudengandesainpretestpostest non-equivalent control group designyangdilaksanakanpadasiswakelas X-MIPA G dan X-MIPA H di SMAN 10 Malang pada semester genapTahunAjaran 2015/2016. Subjekpenelitiandipilihdenganmengujikesetaraan3 kelasmenggunakanANAVA, kemudian 2 kelas yang setaraditetapkanmenjadikelaskontroldankelaseksperimendenganmetodeacak.Uji prasyarat hasilpenelitianberupaujihomogenitasvariandanujinormalitas, sedangkanujihipotesismenggunakanteknikanalisisANAKOVAdengan taraf signifikasi 0,5% yang dilanjutkan dengan uji beda LSD menggunakan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran GI berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir kritis, dan retensi hasil belajar kognitif siswa. Rata-rata peningkatan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Retensi hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran GI dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir kritis, dan retensi hasil belajar kognitif siswa, namun tetap dengan memperhatikan pengelolaan kelas yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25089

Actions (login required)

View Item View Item