Hubungan Intelligence Quotient (IQ) dengan hasil belajar kompetensi kognitif siswa kelas XI IPA SMAK Santa Maria Malang pada bentuk soal objektif dan uraian / Valeria Christy Octavia - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan Intelligence Quotient (IQ) dengan hasil belajar kompetensi kognitif siswa kelas XI IPA SMAK Santa Maria Malang pada bentuk soal objektif dan uraian / Valeria Christy Octavia

Octavia, Valeria Christy (2016) Hubungan Intelligence Quotient (IQ) dengan hasil belajar kompetensi kognitif siswa kelas XI IPA SMAK Santa Maria Malang pada bentuk soal objektif dan uraian / Valeria Christy Octavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Octavia Valeria C. 2016. Hubungan Intelligence Quotient (IQ) dengan Hasil Belajar Kompetensi Kognitif Siswa Kelas XI IPA SMAK Santa Maria Malang pada Bentuk Soal Objektif dan Uraian. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sulisetijono M.Si (II) Drs. Masjhudi M.Pd. Kata Kunci Intelligence Quotient hasil belajar kompetensi kognitif siswa bentuk soal objektif bentuk soal uraian Penilaian dalam kurikulum 2013 bertujuan untuk menilai kompetensi kognitif afektif dan psikomotor. Di sekolah penilaian kompetensi kognitif menjadi perhatian utama karena berkaitan dengan kegiatan berpikir dan intelektual. Berdasarkan hasil observasi di SMA Katolik Santa Maria Malang siswa memiliki nilai IQ dalam kelompok kategori rata-rata. Berkaitan dengan penilaian guru terkadang membuat soal ujian sendiri yang berbentuk campuran antara bentuk soal pilihan ganda jawaban tunggal asosiasi dan uraian. Skor yang didapat menunjukkan skor lebih tinggi pada bentuk soal uraian daripada bentuk soal pilihan ganda. Intelegensi merupakan kemampuan dalam mendapatkan dan mengaplikasikan pengetahuan sehingga tidak dapat dipisahkan dari kognisi. Menurut beberapa ahli pendidikan hasil belajar kompetensi kognitif siswa dipengaruhi faktor internal yaitu IQ dan faktor eksternal yaitu lingkungan di luar diri siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara IQ dengan hasil belajar kompetensi kognitif siswa pada bentuk soal objektif dan uraian. Diharapkan dapat membantu guru dalam menentukan bentuk soal dan kualitas soal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dan tes tulis. Data penelitian ini berupa analisis butir soal nilai IQ siswa dan hasil belajar kompetensi kognitif siswa. Analisis data meliputi analisis butir soal uji prasyarat yaitu normalitas dan linieritas serta uji hipotesis dengan bantuan program SPSS 16 for Windows. Hasil analisis butir soal menujukkan seluruh soal tes adalah valid dan reliabel. Hasil perolehan analisis menunjukkan dua kesimpulan sebagai berikut. Pertama terdapat hubungan antara IQ dengan hasil belajar kompetensi kognitif siswa pada bentuk soal objektif dengan sumbangan IQ sebanyak 27 14%. Kedua terdapat hubungan antara IQ dengan hasil belajar kompetensi kognitif siswa pada bentuk soal uraian dengan sumbangan IQ sebanyak 31 36%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25087

Actions (login required)

View Item View Item