Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis scientific approach dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sistem respirasi untuk kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Mega Pratamasari Agustin

Agustin, Mega Pratamasari (2016) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis scientific approach dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sistem respirasi untuk kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Mega Pratamasari Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustin, Mega Pratamasari. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Scientific Approach Dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Respirasi Untuk Kelas XI SMA Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Amy Tenzer, M.S. (2) Dra. Nursasi Handayani, M.Si Kata Kunci: LKS, Scientific Approach, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Sistem Respirasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pendahuluan melalui proses wawancara dengan pengamatan langsung, Lembar Kerja Siswa (LKS) yang digunakan kurang sesuai dengan kegiatan Scientific Approach kurikulum 2013. Hasil wawancara dengan guru biologi SMA Negeri 6 Malang juga menunjukkan bahwa nilai siswa pada tahun 2015 belum mencapai ketuntasan belajar klasikal pada materi sistem respirasi. Siswa dianggap sulit menerima materi tersebut. Melalui LKS berbasis Scientific Approach diharapkan siswa dapat memahami materi sistem respirasi dengan langkah-langkah 5M. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS dengan Scientific Approach dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi Sistem Respirasi, menguji tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan LKS yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D Thiagarajan. LKS divalidasi oleh ahli pengembangan bahan ajar LKS, ahli materi dan praktisi lapangan. Setelah LKS selesai divalidasi, LKS direvisi dengan mempertimbangkan saran dan komentar validator. Selanjutnya, LKS diuji cobakan ke subjek uji coba untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan LKS yang dikembangkan. Uji kepraktisan dilakukan oleh kelompok kecil 20 siswa kelas XI MIA 2, sedangkan uji keefektifan dilakukan oleh kelompok besar 33 siswa kelas XI MIA 2. Instrumen penggumpulan data berupa lembar validasi oleh dosen ahli pengembangan LKS, ahli materi dan praktisi lapangan, angket respon siswa, dan soal uji kompetensi. Hasil validasi produk dari ahli pengembangan bahan ajar LKS 92,99% dengan kriteria Sangat valid ; dari ahli materi mendapatkan persentase 95,45% dengan kriteria Sangat Valid; dari praktisi lapangan mendapatkan persentase yaitu 92,50%. Hasil yang diperoleh untuk uji kepraktisan yaitu 83,07% sehingga LKS dinyatakan praktis sebagai bahan ajar. Hasil yang diperoleh untuk uji keefektifan dinyatakan sangat efektif. LKS berbasis Scientific Approach dinyatakan sangat valid, praktis dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25085

Actions (login required)

View Item View Item