Regia, Delonix (2016) Pengembangan multimedia interaktif sistem endokrin manusia berbasis guided inquiry untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang / Delonix Regia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Regia Delonix. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Sistem Endokrin Manusia Berbasis Guided Inquiry untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Suarsini M.Ked. (II) Dr. Sri Rahayu Lestari M.Si. Kata Kunci Sistem Endokrin Multimedia ASSURE Proses belajar mengajar merupakan proses komunikasi antar komponen pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang berpengaruh untuk meningkatkan komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar dalam kelas. Hasil analisis kebutuhan di SMAN 1 Lawang menunjukkan bahwa 73 3% siswa dan 66% guru menyatakan kesulitan pada pembelajaran materi sistem endokrin manusia. Data menunjukkan 73 3% siswa menginginkan multimedia interaktif sebagai media dalam pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif sistem endokrin manusia berbasis metode pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan dan pola berpikir ilmiah siswa. Penelitian dan pengembangan multimedia menggunakan model ASSURE yang terdiri dari 6 tahap. Tahap I analyze learner characteristics Tahap II state performance objectives Tahap III select methods media and materials utilize materials Tahap IV utilize Media and Materials Tahap V requires learner participation dan Tahap VI evaluation and revision. Produk dikembangkan menggunakan aplikasi Adobe flash CS3. Produk divalidasi oleh validator ahli (materi media dan praktisi lapangan) dan diujicoba dalam kelas menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing. Produk pengembangan berupa multimedia interaktif sistem endokrin manusia berbasis inkuiri terbimbing yang dikemas dalam ekstensi file.exe. Hasil validasi produk oleh ahli materi (88%) ahli media (88%) dan praktisi lapangan (92%) menunjukkan tanggapan positif untuk setiap indikator. Respons siswa (82 8%) menunjukkan tanggapan positif terhadap multimedia interaktif. Nilai lembar kerja siswa menunjukkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 90 3% serta signifikansi pre-test dan post-test yang tergolong dalam katergori tinggi (High-g) (g) 0 724 8805 0 7. Hasil validasi dan ujicoba menunjukkan bahwa produk multimedia interaktif sistem endokrin valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Lawang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25084 |
Actions (login required)
View Item |