Pengaruh pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Malang pada pembelajaran biologi / Rosita Nur Fadilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Malang pada pembelajaran biologi / Rosita Nur Fadilah

Fadilah, Rosita Nur (2016) Pengaruh pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Malang pada pembelajaran biologi / Rosita Nur Fadilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK NurFadilah Rosita. 2016. PengaruhPembelajaranNumbered Heads Together (NHT) berbantuanMind MappingterhadapMotivasidanHasilBelajarSiswaKelas X SMA Malang padaPembelajaranBiologi. Skripsi JurusanPendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. A. Duran Corebima. M.Pd. (2) Dra. Sunarmi M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran NHT MotivasidanHasilBelajar. Masalah yang ditemukandaribeberapapenelitianadalahmasihrendahnyamotivasidanhasilbelajarsiswa. Hasilobservasi di SMAN 9 Malang menunjukkanpembelajaranyang digunakanadalahpembelajaraninkuiriterbimbingdisini guru masihdominandalampembelajaran tetapimasihbelumdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Siswamasihbanyak yang kurangfokuspadapelajarandanmerasabosandenganpembelajaranbiologi karenamerekaberanggapanpembelajaranBiologimenghafalmateri. Motivasibelajarmasihrendahmenyebabkanhasilbelajarmenurun. SolusiuntukmemecahkanpermasalahandenganmenggunakanpembelajaranNHTberbantuanMind Mapping. PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpembelajaranNHTberbantuanMind Mappingterhadapmotivasidanhasilbelajarsiswa. Penelitiandilakukan di SMAN 9 Malang semester ganjil 2015/2016 padabulanDesember-Oktoberdan semester genap 2015/2016 padabulanJanuari-Maret.Populasimencakupseluruhsiswa SMAN 9 Malang kelas X MIPA tahunajaran 2015/2016 yang berjumlah 8 kelas. Sampelpenelitiansiswakelas X D MIPA 3 yang berjumlah 32 orang sebagaikelaseksperimen (NHT-Mind Mapping) siswakelas X E MIPA 4 yang berjumlah 32 orang sebagaikelaskontrol 1(NHT) dansiswakelas X H MIPA 8 yang berjumlah 30 orang sebagaikelaskontrol 2 (konvemsional). Rancanganpenelitianmenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemudengandesainpenelitianpretest-posttest control group designs. Data motivasidiperolehdariangketmotivasi yang dianalisisdengananakova. Data hasilbelajarkognitif yang diperolehdarihasilpretesdanpostesdianalisisdengananakova. Data hasilbelajarpsikomotordiperolehdarilembarpengamatanpsikomotorsiswadianalisissecaradeskriptif. Hasilanalisis data angketmotivasidiperoleh Sig. p 0 05. Analisis data hasilbelajarkognitifdiperoleh Sig. p 0 05. HasilbelajarkognitifpadapembelajaranNHT-Mind Mapping lebihtinggidibandingkanpembelajarankonvensionaldanpembelajaranNHTsaja. SedangkanhasilbelajarpsikomotorpadapembelajaranNHT-Mind Mappingsebesar 84 4 lebihtinggidibandingkanpadapembelajarankonvensional . kesimpulandaripenelitianiniadalahpembelajaranNHT-Mind Mappingberpengaruhterhadaphasilbelajarkognitifdanhasilbelajarpsikomotor tetapitidakberpengaruhterhadapmotivasibelajarsiswa. Saran pembelajaranNHT-Mind Mappinglebihdikembangkanlagi agar dapatmelatihberpikirsiswadankerjasamadalamkelompok. Mind Mappingmembantusiswauntuklebihgiatbelajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25083

Actions (login required)

View Item View Item