Penerapan model pembelajaran problem based learning dengan student achievement division untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X MIA 1 SMA Laboratorium UM / Prayoga Tri Budiarsa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning dengan student achievement division untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X MIA 1 SMA Laboratorium UM / Prayoga Tri Budiarsa

Budiarsa, Prayoga Tri (2016) Penerapan model pembelajaran problem based learning dengan student achievement division untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X MIA 1 SMA Laboratorium UM / Prayoga Tri Budiarsa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Budiarsa Prayoga Tri. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dipadukan dengan Student Teams Achievement Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA 1 SMA Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd (II) Drs. H. Triastono Imam Prasetyo M.Pd Kata kunci model pembelajaran PBL STAD hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi di kelas X MIA 1 dan wawancara dengan guru biologi diketahui sebagai berikut. 1) Sikap belajar peserta didik masih rendah. 2) Peserta didik belum bias merumuskan masalah dan mengajukan hipotesis. 3) Kemampuan kerjasama peserta didik masih kurang. 4) Rasa ingin tahu peserta didik masih kurang. 5) Nilai ulangan harian bab dunia hewan kelas X MIA 1 masih tergolong rendah dari 27 siswa 56% yang tuntas dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut adalah menerapkan model pembelajaran PBL dipadukan dengan STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIA I SMA Laboratorium UM melalui penerapan model Pembelajaran PBL dipadukan dengan STAD. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Materi yang diajarkan adalah Ekosistem pada siklus 1 dan Pencemaran Lingkungan pada siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang terdiri dari sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Berdasarkan lembar observasi sikap ilmiah siswa dari siklus I ke siklus II (a) rasa ingin tahu meningkat dari 37 5% menjadi 62 1% (b) jujur meningkat dari 68 6% menjadi 97 1% (c) tekun meningkat dari 66 7% menjadi 69 5% (d) teliti meningkat dari 61 3% menjadi 69 5% (e) tanggung jawab meningkat dari 68 6% menjadi 75 3%. Berdasarkan angket sikap ilmiah siswa sebelum dan sesudah tindakan juga meningkat pada tiap indikator yaitu (a) rasa ingin tahu dari 78 2% menjadi 82 8% (b) jujur dari 74 1% menjadi 84 8% (c) tekun dari 72 4% menjadi 79 6% (d) teliti dari 75 6% menjadi 80 2% (e) tanggung jawab dari 71 2% menjadi 82 2%. Hasil belajar kognitif secara klasikal dari siklus I ke II meningkat 62 07 menjadi 75 8%. Hasil belajar siswa kelas X MIA I SMA Laboratorium UM yang terdiri dari sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif mengalami peningkatan melalui penerapan model pembelajaran PBL dipadukan dengan STAD. Saran untuk guru agar menggunakan model pembelajaran PBL dipadukan dengan STAD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25079

Actions (login required)

View Item View Item